5 Olahan Telur Praktis, Tanpa Minyak dan Poached Egg 40 Detik!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 13 Mei 2022 06:00 WIB
Telur rebus tanpa cangkang
Foto: site news

3. Poached Egg 40 Detik

Cara Membuat Poached Egg Sempurna dalam CangkirCara Membuat Poached Egg Sempurna dalam Cangkir Foto: iStock, TikTok @caughtsnackin

Biasanya poached egg dinikmati sebagai menu sarapan ala Barat, seperti egg benedict. Disantap bersama sepotong roti panggang juga terasa nikmat dan menjadi paduan yang mengenyangkan.

Chef yang populer di TikTok dengan akun @caughtsnackin memiliki tutorial membuat poached egg yang mudah dilakukan. Bahkan, ia hanya membutuhkan alat cangkir untuk membuatnya. Bahan yang diperlukan adalah sebutir telur, 1 sdt cuka, air panas, dan cangkir kecil.

Cangkir itu diisikan air panas dan satu sendok teh cuka. Setelah itu telur langsung dipecahkan ke dalam cangkir. Panaskan telur itu di dalam microwave selama 40 detik.

4. Telur Orak-arik Rebus

Telur orak-arikTelur orak-arik Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur orak-arik atau scramble egg dimasak di atas wajan dengan tambahan mentega agar teksturnya lembut. Namun ada cara lain memasak telur orak-arik yaitu dengan cara direbus.

Tips memasak telur orak-arik ini merupakan kreasi dari chef Daniel Patterson asal San Fransisco. Cara memasaknya tak jauh berbeda dengan telur rebus, hanya saja telur dikocok terlebih dahulu sebelum dituangkan ke dalam panci.

Rebus air di dalam panci sampai mendidih. Kemudian buat pusaran air, lalu tuangkan telur yang telah dikocok.

5. Telur Rebus Tanpa Cangkang

Telur rebus tanpa cangkangTelur rebus tanpa cangkang Foto: site news

Telur rebus biasanya dimasak dengan air mendidih dalam panci. Namun ada juga telur rebus yang dimasak tanpa cakang. Bukan menggunakan panci, telur rebus satu ini dimasak pakai oven.

Cara membuatnya dipanggang dalam oven selama 30 menit. Kamu cukup memecahkan beberapa butir telur ke wadah mangkuk kaca tahan panas. Jangan dikocok, sehingga bagian putih dan kuningnya tetap terpisah.

Telur rebus tanpa cangkang yang dipanggang dalam oven ini memiliki tekstur serupa telur rebus biasa. Telur rebus itu bisa dinikmati langsung pakai taburan garam dan merica bubuk. Bisa juga dijadikan campuran telur dan sandwich.

Baca Juga: Sebaiknya Jangan Menyimpan Semangka di Kulkas, Ini Sebabnya



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)