Kocak! Disuruh Hitung Biaya Makan Bareng, Akuntan Ini Bikin Pembukuan Lengkap

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 10 Mei 2022 19:30 WIB
Kocak! Disuruh Hitung Biaya Makan Bareng, Akuntan Ini Bikin Pembukuan Lengkap Foto: TikTok/rzakumar
Jakarta -

Pergi makan bersama memang menyenangkan. Setelahnya muncul tugas untuk membagi tagihan sesuai dengan pesanan yang menyulitkan.

Pergi bersama teman-teman tentunya menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan. Jalan-jalan bersama, makan bersama, dan menikmati tempat-tempat yang menyenangkan cocok untuk relaksasi.

Tetapi bukan hanya memilih tempat makan atau makanan saja yang menyulitkan, ada tugas besar yang banyak dikeluhkan setelah makan bersama selesai. Menghitung tagihan makanan yang harus dibayar sesuai dengan pesanan makanan yang telah dipesan menjadi tugas terberat yang muncul setelah makan bersama.

Bagi sebagian orang, menghitung agar semuanya bayar sesuai dengan tagihannya adalah hal yang sulit. Terlebih ada biaya tambahan seperti service dan pajak yang juga harus dihitung agar semuanya bayar dengan sesuai.

Kocak! Disuruh Hitung Biaya Makan Bareng, Akuntan Ini Bikin Pembukuan LengkapUsai makan bersama, netizen ini bagikan kisah temannya yang seorang akuntan menghitung tagihan makan bersama. Foto: TikTok/rzakumar

Mengutip TikTok @rzakumar (8/5), Reza membagikan kisah dirinya dan beberapa orang temannya saat sedang makan bersama. Reza dan teman-temannya baru saja makan di sebuah restoran dengan satu orang yang membayar dahulu seluruh tagihan makanan yang datang.

Reza dan teman-temannya mengaku kebingungan untuk membagi seluruh tagihan sama rata dan sesuai dengan makanan yang dipesan setiap orangnya. Beruntungnya ada salah satu tema Reza yang merupakan seorang akuntan dan mau menghitung biaya tagihan makanan untuk seluruh teman-temannya.

"Abis makan di restoran, ditalangin satu orang, pusing ngitung normal price + pajak + service. Temen yang profesinya akuntan: 'Sini gue itungin di rumah'," tulis Reza dalam videonya.

Bukan hanya menghitung totalnya, teman Reza yang merupakan seorang akuntan tersebut bahkan membuatnya lengkap dengan tabel. Menggunakan software Microsoft Excel, teman Reza tersebut menghitung semua tagihan makanan dengan presisi tanpa kekurangan atau kelebihan satu orang pun.

Kocak! Disuruh Hitung Biaya Makan Bareng, Akuntan Ini Bikin Pembukuan LengkapDihitung dengan begitu presisi, Endra teman dari Reza bahkan lengkap membuat tabel hitungannya dengan detail. Foto: TikTok/rzakumar

Dikonfirmasi oleh detikcom (10/5) teman Reza yang merupakan seorang akuntan tersebut bernama Endra. Hitungan yang Endra yang presisi tersebut akan dibuktikan dengan foto tagihan makanan yang lengkap dengan total tagihan yang sama persis dengan hitungan Endra.

Unggahan singkat yang dibagikan pada video TikTok Reza ini seketika menjadi viral dna disaksikan lebih dari 1,2 juta kali. Banyak netizen yang mengaku mengalami kesulitan yang sama hingga mereka yang memberi solusi untuk menggunakan aplikasi pembagian struk yang lebih sederhana.

"Line split bill: ini akuntan kagak instal line apa gimana? Mentang-mentang tiap hari mantengin Excel," tulis akun @pollipante.

"Aku banget nih wkwk Kayak gini bikin awet temenan. No hutang satu sam alain, terus hitungannya dishare di grup gitu xixi," tulis akun @brightsgvrl.

"Line Split bill: aku kira hubungan kita istimewa," tulis akun @stfntannnnn.



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com