Tempat Makan Bakso

Sama Lezatnya, Ini Perbedaan Bakso Sapi Wonogiri dan Pontianak

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 10 Mei 2022 16:30 WIB
bakso wonogiri Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Tempat Makan Bakso
Jakarta -

Ada beragam jenis bakso di Indonesia. Jenis yang populer adalah bakso khas Wonogiri dan Pontianak. Dua jenis bakso ini sama enaknya, tetapi ada perbedaannya.

Bakso merupakan salah satu 'comfort food' orang Indonesia yang mudah sekali ditemui. Mulai dari penjual bakso gerobakan hingga gerai restoran besar. Harga bakso juga bervariasi, dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Jenis bakso di Indonesia sangat beragam. Jenisnya ini dibedakan dari tempat asalnya. Seperti bakso khas Wonogiri dan Pontianak yang sangat populer.

Kedua jenis bakso itu memiliki penggemarnya masing-masing. Kalau lebih suka bakso yang padat dan bertekstur, biasanya akan memilih bakso Wonogiri. Namun kalau menyukai tekstur bakso yang garing halus dan berkuah bening, bakso khas Pontianak pilihannya.

Baca Juga: Imbas Cuaca Buruk dan Perang Rusia, Harga Durian Musang King Melonjak

Berikut ini perbedaan antara bakso Wonogiri dan Pontianak.

1. Tempat Asal Bakso

Bakso Pak De BCA Puri, omzetnya mencapai Rp 6 juta sehari.bakso Wonogiri Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Dari namanya saja sudah diketahui kalau kedua jenis bakso ini sangat berbeda. Tempat asal menjadi salah satu perbedaannya. Bakso Wonogiri tentunya berasal dari kota Wonogiri di Jawa Tengah. Daerah ini merupakan asal bakso sapi khas Jawa yang kondang.

Tak hanya terkenal di kota asalnya, tapi kepopuleran bakso ini juga menyebar di kota-kota lain di pulau Jawa lainnya. Kamu juga bisa menemukan bakso Wonogiri dengan mudah di Jakarta.

Untuk bakso Pontianak, kota asalnya dari Pontianak, Kalimantan Barat. Bakso ini juga cukup terkenal. Kini banyak penjual bakso gepeng Pontianak dari gerobakan hingga rumah makan. Penjual bakso Pontianak di Jakarta tersebar di berbagau lokasi.

2. Karakteristik Bakso

Bakso Sapi PontianakBakso Sapi Pontianak Foto: Istimewa

Perbedaan yang menonjol terletak pada karakteristik dari kedua jenis bakso ini. Melihat tampilannya saja, kamu sudah bisa melihat perbedaan.

Keduanya sama-sama terbuat dari daging sapi yang dilumatkan, namun tekstur dan bentuk sangat berbeda. Bakso Wonogiri memiliki bentuk bulat seperti bola-bola kecil. Tekstur baksonya juga lebih kasar dan padat.

Sedangkan bakso Pontianak, bentuknya juga bulat pipih. Adonan bakso dibulatkan dan saat panas dipipihkan. Oleh karenanya, bakso Pontianak kerap disebut bakso gepeng. Tekstur bakso Pontianak lebih halus dan garing ketika digigit.

Baca Juga: 20 Cilok Mantul Ada di Sini, Cilok Goang hingga Isi Keju

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Tempat Makan Bakso
FOKUS BERITA Tempat Makan Bakso

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com