Cokelat Cantik Ini Dicetak Pakai Printer 3D, Langsung Lumer di Mulut

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Mei 2022 15:30 WIB
Cokelat dicetak pakai printer 3D Foto: Grapee
Jakarta -

Perkembangan teknologi membuat para ahli mampu menciptakan aneka mesin canggih untuk mengolah makanan. Seperti mesin printer yang bisa mencetak cokelat dengan aneka bentuk cantik.

Printer untuk mencetak makanan memanglah bukan penemuan baru. Pernah ada mesin cetak 3D untuk menghasilkan makanan dengan bentuk unik. Seperti mesin untuk mencetak cokelat dengan bentuk estetik.

Dilansir dari Grapee (9/5) mesin pencetak cokelat ini dibuat oleh perusahaan startup asal Jepang, Byte Bites. Printer ini mampu membuat cokelat dengan bentuk unik. Semua bisa dicetak sesuai dengan keinginan, tinggal masukkan bentuk yang ingin dibuat lalu kamu bisa mendapatkan cokelat cantik yang bisa langsung disantap.

Cokelat dicetak pakai printer 3DCokelat dicetak pakai printer 3D Foto: Grapee

Byte Bites membuka toko pop-up untuk siapapun yang ingin mencoba membuat cokelat dengan bentuk sesuai keinginan. Ada beberapa pilihan bentuk menarik yang bisa dicetak menggunakan cokelat.

Cara kerja mesin cetak cokelat ini juga cukup sederhana. Cokelat padat lebih dulu dimasukkan dalam wadah khusus yang berisi mesin penghangat. Setelah cokelat menjadi cair baru bisa dipilih untuk mencetak aneka bentuk.

Sebuah alat mirip ujung pulpen akan bergerak membentuk cokelat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Cokelat bisa dibuat dengan bentuk apapun sesuai pola yang dimasukkan. Alat ini sukses menarik perhatian banyak orang dan tak sedikit yang ingin mencoba mencetak cokelat dengan alat ini.

Cokelat yang dicetak ini akan langsung membeku karena bagian wadahnya dilengkapi mesin pendingin. Jadi meskipun ukurannya kecil dan tipis, tetapi hasil cetak cokelat ini tetap rapi. Cokelat yang sudah dicetak bisa langsung dimakan ataupun dikemas untuk dijadikan hadiah untuk orang terkasih.

Mesin cetak cokelat ini rencananya akan dibuat secara massal untuk dipasarkan ke para produsen cokelat. Diprediksi, cokelat cantik seperti ini akan laris manis saat momen Valentine. Kamu tak perlu lagi mencetak cokelat menggunakan alat cetak manual berbahan plastik.

Kedepannya, perusahaan startup ini juga rencananya akan membuat mesin cetak cokelat yang lebih canggih agar bisa menghadirkan cokelat dengan aneka warna dan bentuk ukiran yang lebih detail.

Cokelat dicetak pakai printer 3DCokelat dicetak pakai printer 3D Foto: Grapee

Mesin cetak cokelat 3D ini bukanlah yang pertama dibuat, sebelumnya ada printer lain yang juga bisa mencetak aneka makanan.

Pada 2014 lalu ada perusahaan teknologi asal Jerman bernama Biozoon yang menciptakan mesin yang dapat mencetak makanan asli. Mesin ini menggunakan fitur printer 3D yang khusus untuk meracik makanan dari bahan cair. Produknya mulai dari chicken wings hingga ayam goreng bertekstur lembut.

Ada juga mesin printer untuk mencetak daging steak vegetarian. Daging ini dibuat dengan bahan baku beras, kacang dan serat alga yang nantinya dicetak seperti daging steak asli. Bahkan rasa dan teksturnya pun dibuat sangat mirip.



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com