ADVERTISEMENT

Agar Awet dan Tetap Tajam, Jangan Simpan Pisau di Wadah Kayu

Devi Setya - detikFood
Senin, 09 Mei 2022 10:30 WIB
Kitchen Knive on cutting board
Foto: Getty Images/iStockphoto/vjotov
Jakarta -

Ada paket pisau yang dikemas lengkap dengan wadah kayu penyimpanan. Ternyata wadah ini justru cepat membuat pisau tumpul.

Pisau termasuk alat paling penting di dapur. Fungsi banyak, mulai dari memotong sayuran, bumbu hingga daging. Oleh karenanya pisau yang tajam akan sangat diandalkan.

Ada cara yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas pisau agar tetap tajam dan tidak berkarat. Salah satunya memperhatikan cara penyimpanan yang tepat.

Agar Pisau Awet, Hindari 7 Kesalahan Menggunakan Pisau BerikutIlustrasi pisau Foto: Getty Images/iStockphoto/Nicholas77

Dilansir dari Mashed (8/5) pisau sebaiknya tidak disimpan dalam wadah berbahan kayu. Balok kayu tempat penyimpanan pisau ini bisa merusak pisau dan membuatnya tidak tajam. Banyak orang belum tahu hal ini sehingga mereka menganggap balok penyimpanan pisau ini adalah cara terbaik.

Ketika hendak disimpan atau dikeluarkan dari wadah ini, pisau mengalami gesekan. Jika dilakukan terus menerus maka pisau akan cepat terkikis dan membuatnya tidak tajam. Balok penyimpanan berbahan kayu ini juga dapat merusak seluruh permukaan pisau.

Apalagi ketika kamu menyimpan pisau dalam keadaan basah, bagian dalam wadah kayu ini akan lembab karena menyerap air. Ketika pisau basah disimpan dalam wadah kayu yang lembab ini maka akan membuat pisau berkarat dan rusak.

Jika pisau kamu lembab, ada solusi yang bisa dilakukan yakni dengan memasukkan pisau ke dalam beras. Secara alami beras akan menyerap air dan membuat pisau kembali kering serta bersih. Namun jangan lagi menyimpannya di dalam wadah kayu.

Cara terbaik menyimpan pisau adalah di dalam laci atau tempat yang memiliki sirkulasi udara cukup. Kamu juga bisa menyimpan pisau dalam wadah pisau berbahan plastik ataupun kulit.

Solusi lain, seperti yang direkomendasikan oleh Serious Eats adalah dengan mengandalkan tempat pisau magnetis. Alat ini bisa ditempatkan di dinding dapur, dan mudah untuk menyimpan pisau karena bisa langsung ditempelkan pada magnetnya.

Namun pastikan untuk menempatkan magnet ini di area yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan. Pisau akan awet dan tajam dengan cara penyimpanan seperti ini. Meskipun sesekali tetap kamu harus mengasahnya.



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT