Diperbesar 1000 Kali Air Galon Isi Ulang Rp 5.000, Ada Benda Aneh di Dalamnya

ADVERTISEMENT

Diperbesar 1000 Kali Air Galon Isi Ulang Rp 5.000, Ada Benda Aneh di Dalamnya

Devi Setya - detikFood
Minggu, 08 Mei 2022 16:00 WIB
Hasil zoom air galon isi ulang
Foto: TikTok @fatahyasir
Jakarta -

Seorang pria menunjukkan hasil zoom air galon isi ulang Rp 5.000. Saat dilihat menggunakan mikroskop, di dalam air ini ada benda aneh.

Banyak content creator yang membagikan video soal pengetahuan dan pelajaran. Termasuk salah satunya menunjukkan berbagai makanan dan minuman yang di-zoom ribuan kali menggunakan mikroskop.

Seorang pemilik akun TikTok @fatahyasir sering mengunggah video saat ia melihat aneka benda menggunakan alat mikroskop. Mikroskop sendiri merupakan alat laboratorium yang digunakan untuk mengamati benda yang sangat kecil dan benda yang tidak tampak oleh indra penglihatan secara langsung.

Hasil zoom air galon isi ulangHasil zoom air galon isi ulang Foto: TikTok @fatahyasir

Kali ini Fatah memperlihatkan aksinya saat melihat air galon isi ulang harga Rp 5.000. Sampel yang digunakan ini adalah air minum isi ulang yang sudah dikonsumsi keluarga Fatah selama lebih dari 3 tahun.

Ia menaruh sampel air galon ini pada selembar kaca khusus. Lalu kemudian melihatnya melalui lensa mikroskop. Awalnya tak terlihat apa-apa, sampai akhirnya Fatah melakukan zoom hingga 1.000 kali lebih besar.

Mulai terlihat beberapa benda aneh di dalam air ini. Termasuk adanya hewan mirip cacing dengan bentuk panjang. Meskipun melihatnya, Fatah enggan berkomentar benda apa yang terlihat dalam air ini.

Kemudian ia kembali melakukan pembesaran untuk melihat objek yang lebih kecil. Benar saja, terlihat banyak gerakan yang berada dari hewan kecil dalam air ini. Tampaknya ini adalah mikroorganisme, jumlahnya cukup banyak dan bergerak aktif.

Video yang diunggah pada Rabu (4/5) ini langsung mengundang perhatian banyak netizen. Ada yang merasa jijik namun hanya mampu membeli air galon isi ulang murah meriah, ada juga yang kemudian berniat memasak air ini sebelum dikonsumsi.

"Apalah dayaku sebagai konsumer setia galon isi ulang. Dikasih kebal sehat Alhamdulillah," kata netizen.

"Emang gitu, lebih baik tidak tau apa-apa. Karena semakin kita nyari tau semakin sakit ujung-ujungnya," sahut netizen lain.

"Saya sudah mengonsumsi sejak 22 tahun yang lalu. ok sekarang saya masih hidup dan sehat tentunya saja juga masih beli yg 5000an. haha," ujar konsumen air galon isi ulang.

Ketika dihubungi Detikcom (7/5) Fatah mengatakan tidak ada niat untuk menjatuhkan siapapun atas videonya. Ia hanya menunjukkan video ini sebagai edukasi.

Hasil zoom air galon isi ulangHasil zoom air galon isi ulang Foto: TikTok @fatahyasir

"Video ini dibuat untuk tujuan pengetahuan dan edukasi saja. Video berisi eksperimen dengan prosedur sederhana dan hasil eksperimen tidak mewakili sebagian ataupun keseluruhan kualitas produk," ujar Fatah (7/5).

Ia juga meminta netizen untuk melihatnya lebih bijak dan agar dapat mengambil pengetahuan dari videonya.

Selain melihat air galon isi ulang Rp 5.000, Fatah juga membandingkan air galon kemasan dengan merek ternama seperti Aqua dan Le Mineral. Dalam sampel dua air mineral ini ternyata hasilnya bersih. Meskipun sudah dilihat secara zoom ribuan kali, tidak ada mikroorganisme yang terlihat. Hanya ada beberapa gelembung udara yang tampak di antara air ini.



Simak Video "Jejak Gado-gado Legendaris di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT