Pulang Jalan-jalan dari Bogor, Jangan Lupa Borong Talas dan Ubi Cilembu

Devi Setya - detikFood
Minggu, 08 Mei 2022 13:00 WIB
Oleh-oleh Bogor
Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Jalan-jalan ke Bogor memang jadi alternatif mengisi liburan Lebaran. Banyak tempat wisata yang bisa disambangi. Pulangnya jangan lupa bawa oleh-oleh khas Bogor.

Talas Bogor, ubi madu Cilembu hingga asinan buah khas Bogor bisa jadi pilihan. Atau kalau mau bawa oleh-oleh kekinian, kamu juga bisa memilih roti unyil hingga bolu talas susu untuk dijadikan buah tangan.

Dari pantauan DetikFood (5/5) di sepanjang jalan raya Cisarua, Ciawi ataupun Dramaga Bogor, kamu bisa menghampiri beberapa pusat penjualan oleh-oleh. Saat lebaran seperti ini, stok oleh-oleh yang tersedia sangat banyak dan semuanya dijamin segar berkualitas. Meskipun beberapa makanan mengalami kenaikan harga.

Berikut beberapa oleh-oleh khas Bogor yang bisa dibawa pulang:

1. Ubi Cilembu


Belum lengkap rasanya jika ke Bogor tanpa membeli ubi Cilembu. Ubi dengan rasa manis legit ini juga populer dengan sebutan ubi madu. Ubi ini paling pas dimasak dengan cara dipanggang dalam oven.

Kamu bisa membeli ubi Cilembu dalam keadaan mentah ataupun matang. Untuk harganya mulai Rp 15 ribu untuk ubi mentah dan Rp 20 ribu untuk ubi yang sudah matang. Ukuran ubi juga bisa disesuaikan dengan selera.

Oleh-oleh BogorOleh-oleh Bogor Foto: detikFood/Devi S. Lestari

2. Talas Bogor


Di Bogor terkenal dengan talasnya yang pulen dan empuk. Talas Bogor uni juga jadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang. Ada dua jenis talas yang ditawarkan yakni talas merah dan talas putih.

Talas ini dijual per ikat dengan isi 2-4 buah talas. Kamu bisa membelinya mulai dari Rp 40 ribuan. Semakin besar ukuran talas maka semakin mahal juga harganya.

Aan, salah satu penjual di pusat oleh-oleh khas Bogor mengatakan stok talas diperbanyak saat masa libur lebaran. "Kalau hari biasa nggak sebanyak ini. Tapi karena lebaran jadi sengaja distok banyak. Di sini jalur wisata, orang ke puncak banyak lewat sini," ujar Aan (5/5).

3. Asinan dan manisan buah


Bogor juga terkenal dengan asinan buahnya yang segar dan pedas. Asinan ini bisa jadi camilan yang bikin mata melek. Di pusat oleh-oleh, ada asinan buah yang dijual secara kiloan.

Pilihannya ada asinan mangga, kedondong, jambu hingga salak. Selain asinan, ada juga manisan yang tak kalah menggoda. Rasa manisan buah seperti mangga dan buah pala ini bisa bikin lidah terus bergoyang. Kamu bisa membelinya mulai 1 ons dengan harga Rp 10 ribu.