Kuliner Pasundan

Nanas Madu Hingga Tahu Susu Oleh-oleh Wajib dari Jawa Barat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Jul 2018 19:50 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan
Jakarta - Jalan-jalan ke Tasikmalaya, Bandung atau Cirebon jangan lupa mampir ke tempat oleh-oleh. Ada banyak makanan yang bisa jadi buah tangan untuk keluarga.

Beberapa daerah di Jawa Barat memang selalu jadi destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Salah satunya adalah Tasikmalaya, Bandung, Cirebon hingga Bogor. Nah, kalau berkunjung ke tempat ini, sebaiknya luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh.

Berikut ini beberapa oleh-oleh enak yang masih digandrungi para wisatawan saat berkunjung ke Jawa Barat:

Baca juga: Mau Beli Oleh-oleh Khas Bandung? Simak Dulu Tipsnya

1. Peuyeum

Nanas Madu Hingga Tahu Susu Oleh-oleh Wajib dari Jawa BaratFoto: (Wisma/detikTravel)

Ke Bandung tak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh peuyeum. Dengan harga yang terjangkau, peuyeum bisa jadi oleh-oleh yang cocok untuk diberikan kepada saudara atau keluarga di rumah. Penganan khas Bandung ini memang banyak dijual di setiap toko oleh-oleh. Salah satunya adalah pusat oleh-oleh yang berada di Jalan Raya Bandung-Cianjur.

Peuyeum merupakan singkong yang dibalurkan dengan ragi sampai lunak dan bagian luarnya agak kering. Peuyeum-peuyeum itu diikat menggunakan tali bambu dan dipajangkan di dalam etalase kaca, jadi bagi Anda yang melintasi Jalan Bandung-Cianjur, pemandangan itu bakal banyak dijumpai.

Peuyeum sangat enak dimakan begitu saja atau diolah menjadi kue atau digoreng dengan balutan tepung.

2. Tahu Susu

Nanas Madu Hingga Tahu Susu Oleh-oleh Wajib dari Jawa BaratFoto: detikfood

Kalau sedang ada di Lembang, Anda bisa membeli tahu susu. Yang menjadi ciri khas dari tahu susu Bandung adalah bahan yang dicampurkan saat pembuatan tahu. Tahu susu terbuat dari campuran kacang kedelai, susu sapi murni, mentega, garam, kunyit, bawang putih, air dan biang tahu.

Dalam proses pembuatannya, kacang kedelai direndam selama 4 jam, dicuci dan digiling hingga lembut. Setelah itu direbus selama kurang lebih satu jam, kacang kedelai disaring dan dipisahkan ampasnya. Setelah itu barulah ditambahkan dengan susu murni, mentega, garam dan air biang tahu kemudian dimasukkan dalam cetakan dan dipress.

Di Bandung, tahu susu yang terkenal berada di kawasan Lembang. Di sini produksi tahu hingga aneka olahan sajian tahu dapat Anda nikmati. Lokasinya ada di Jalan Raya Lembang No. 177, Lembang, Bandung.

3. Asinan dan ubi bakar

Nanas Madu Hingga Tahu Susu Oleh-oleh Wajib dari Jawa BaratFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Asinan sangat lekat dengan oleh-oleh khas kota hujan. Kalau ingin membeli asinan yang enak, langsung saja datang ke Jalan Siliwangi No. 27 C atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor. Di Asinan Sedap Gedung Dalam ada dua jenis asinan yang bisa Anda pesan yaitu asinan buah dan asinan sayur dan sudah ada sejak tahun 1978.

Selain asinan, di Bogor juga banyak penjual ubi bakar yang memiliki rasa sangat manis. Sepanjang jalur Puncak hingga Bogor, ubi bakar khas Cilembu ini sangat mudah ditemui. Rasanya manis madu yang sangat manis. Enak dinikmati dengan kopi hangat.

4. Intip

Nanas Madu Hingga Tahu Susu Oleh-oleh Wajib dari Jawa BaratFoto: Sudirman Wamad

Tak hanya bisa manjakan lidah dengan kuliner enak seperti nasi jamblang, empal gentong, docang, hingga mie koclok. Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa intip saat berada di Cirebon. Intip ini bentuknya bulat dengan tekstur keras karena memakai kerak nasi sebagai bahan bakunya. Ada intip gurih yang biasanya berwarna putih dan intip manis dengan warna cokelat.

Intip banyak dijual di tempat wisata ziarah kompleks Makam Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Mayoritas mereka menjual intip asli Kecamatan Gunung Jati Cirebon.

5. Nanas Madu

Nanas Madu Hingga Tahu Susu Oleh-oleh Wajib dari Jawa BaratFoto: iStock

Nanas dengan nama Simadu ini menjadi salah satu ikon kebanggaan Subang. Sesuai dengan namanya, nanas yang memiliki warna kuning pekat ini memiliki rasa yang manis dan tidak meninggalkan rasa kecut serta gatal dilidah.

Agar tak tertipu, salah satu yang membedakan nanas biasa dengan Simadu adalah dengan menyentil kulit buah nanas. Jika suara sentilannya nyaring seperti suara kita menyentil telapak tangan maka ini adalah nanas Simadu asli.

Untuk menemukan pedagang nanas ini tak sulit. Kalau sedang berada di kawasan Ciater di sisi Jalan Cagak, Anda bisa menemukan deretan penjual nanas ini.

Baca juga: Sirop Tjampolay dan Kerupuk Melarat, Oleh-oleh Wajib Kalau ke Cirebon (lus/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan