Tanpa Minyak, Chef Ini Bagikan Tips Masak Telur Orak-arik Rebus

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 06 Mei 2022 07:00 WIB
Telur orak-arik
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Telur orak-arik bisa menjadi ide sarapan yang praktis. Chef satu ini membagikan tips memasak telur orak-arik mudah tanpa minyak goreng. Begini cara membuatnya!

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi, namun harganya terjangkau. Bisa diolah dengan berbagai cara praktis. Salah satu menu sarapan andalan adalah telur orak-arik.

Biasanya telur orak-arik atau scramble egg dimasak di atas wajan dengan tambahan mentega agar teksturnya lembut. Namun ada cara lain memasak telur orak-arik.

Dilansir dari The Sun (1/5), seorang chef asal San Fransisco, Amerika Serikat bernama Daniel Patterson membagikan cara masak telur orak-arik yang super lembut dan enak. Chef yang mendapatkan bintang Michelin untuk restorannya itu memasak telur orak-arik dengan cara direbus.

Telur orak-arikTelur orak-arik Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Kocak! Bule Ini Sering Bawa Indomie Buat Bekal Makan di Kantor

Tips memasak telurnya ini mungkin terlihat aneh, tetapi hasilnya tak kalah enak. Tipsnya ini ia dapatkan saat malas membersihkan wajan yang digunakan untuk memasak telur orak-arik.

Oleh karenanya, chef Patterson memasak telur itu di dalam air mendidih. Cara memasaknya tak jauh berbeda dengan telur rebus, hanya saja telur dikocok terlebih dahulu sebelum dituangkan ke dalam panci.

Caranya dengan merebus air di dalam panci sampai mendidih. Kemudian buat pusaran air, lalu tuangkan telur yang telah dikocok.

Baca Juga: Kocak! Suami Curhat Kelakuan Istri Setiap Kali Beli Minuman di Toko

Telur orak-arikTelur orak-arik Foto: Getty Images/iStockphoto

Chef Patterson mengungkapkan kalau awalnya tampilan telur itu tak menarik. Namun, lama-lama telur akan mengeras. Tutup panci selama 20 detik sampai matang.

Saring telur dengan hati-hati agar telur tak larut dalam air. Kemudian sajikan di atas piring dan tambahkan dengan mentega, garam, dan merica.

"Teksturnya tidak kenyal dan menambahkan sedikit mentega di atasnya membuat rasa telur orak-arik itu kaya dan lembut," ujar chef Patterson.

Baca Juga: 7 Minuman Penurun BB Terbaik untuk yang Makan Banyak Saat Lebaran



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)