ADVERTISEMENT

Haru! Bocah 10 Tahun Ini Malah Jualan Sayur di Pinggir Jalan Saat Lebaran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 05 Mei 2022 18:00 WIB
Haru! Bocah 10 Tahun Ini Malah Jualan Sayur di Pinggir Jalan Saat Lebaran
Foto: Facebook Ernest Ong via World of Buzz
Jakarta -

Saat lebaran, anak-anak umumnya menikmati waktu libur dengan main bersama saudara atau teman-temannya. Tapi bocah 10 tahun ini berbeda. Ia malah jualan sayuran di pinggir jalan. Begini kisahnya.

Hari Raya atau lebaran menyisakan banyak cerita untuk muslim yang merayakannya di seluruh dunia. Sayangnya, tak semua orang beruntung bisa merayakan lebaran dengan suka cita.

Tak sedikit dari mereka yang harus merasakan atau melalui keterbatasan di hari kemenangan ini. Salah satunya Ikwan, bocah 10 tahun di Malaysia yang melewatkan lebaran dengan berjualan sayur untuk membantu keuangan keluarganya.

Mengutip World of Buzz (4/5), kisah Ikwan diangkat oleh pengusaha restoran bernama Ernest Ong yang membagikan kisahnya di Facebook. Ia mengatakan sudah melihat Ikwan beberapa hari sebelumnya.

"Saya memperhatikan anak laki-laki ini tidur di bawah meja dan menjaga kios sayur ini tanpa pengawasan orang dewasa. Saya sedang dalam perjalanan pulang hari ini (3 Mei) jam 5 sore, saya melihatnya tidur di bawah pohon. Saya berhenti dan berbicara dengannya untuk mengetahui apa yang sedang terjadi, jika saya bisa membantu," tulis Ernest.

Haru! Bocah 10 Tahun Ini Malah Jualan Sayur di Pinggir Jalan Saat LebaranIkwan, bocah 10 tahun di Malaysia yang jualan sayur di pinggir jalan saat lebaran. Foto: Facebook Ernest Ong via World of Buzz

Ikwan bercerita kalau dirinya berusia 10 tahun. Ayahnya bekerja di Pasar Selayang, sementara sang ibu merawat bayi di rumah. Mereka sekeluarga tinggal di Sungai Penchala.

Orang tua Ikwan biasanya akan menjemput Ikwan pada malam hari, tapi ia tidak tahu pukul berapa tepatnya. Hal yang bisa Ikwan lakukan hanyalah menunggu sambil berharap ada yang mau membeli kol hingga terong dagangannya.

"Saya perhatikan dia tidak punya makanan apapun, jadi saya tanya apakah dia sudah makan? Dia bilang makan pukul 11 siang dan dia kelaparan," lanjut Ernest mengenai kisah Ikwan.

Ernest lalu menawarkannya beberapa makanan. Ia sempat meminta nasi dengan ayam goreng. Tapi karena banyak toko tutup saat musim libur lebaran, Ernest akhirnya membelikan Ikwan menu McDonald's. Ia juga menemani Ikwan makan.

Ernest mengatakan, "Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi karena saya tidak bicara dengan orang tuanya. Mereka mungkin melalui waktu-waktu sulit, saya tidak tahu." Ernest mengaku sangat sedih karena melihat Ikwan berjualan sayur saat hari lebaran.

Haru! Bocah 10 Tahun Ini Malah Jualan Sayur di Pinggir Jalan Saat LebaranIkwan menikmati menu McDonald's yang diberikan Ernest Ong. Foto: Facebook Ernest Ong via World of Buzz

"Untuk anak 10 tahun menghabiskan waktu Hari Raya di jalanan dengan berusaha menjual sayur, tanpa ada seorangpun yang beli seharian, adalah kisah yang bikin hati saya sedih," lanjutnya.

Ernest meminta orang-orang di sekitar Ikwan untuk membantu atau sekadar membuat dirinya tersenyum di masa-masa sulit ini. "Hal paling mudah yang bisa kita lakukan adalah membuat dia tersenyum," kata Ernest.

"Jika Anda melewati masjid TTDI (Kuala Lumpur), Anda akan mendapati di ada di pojok. Kadang tidur di bawah pohon atau meja. Buat dia tersenyum. Beberapa keping kue kering atau bingkisan akan membuatnya bahagia," ujar Ernest.

Ernest juga meminta bantuan para netizen, siapa tahu ada yang mengenal ayah dan ibu Ikwan. "Tolong berikan saya kontaknya. Saya ingin membantu jika memang ada yang mendesak," tutup Ernest.



Simak Video "Intip Varian Rekomendasi Hampers untuk Lebaran "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT