Mampir ke Solo Bisa Jajan Timlo Maestro Langganan Jokowi

ADVERTISEMENT

Kuliner Mudik

Mampir ke Solo Bisa Jajan Timlo Maestro Langganan Jokowi

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 04 Mei 2022 19:30 WIB
Timlo Maestro, kuliner khas Solo langganan Presiden Joko Widodo
Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Mudik ke Solo jangan lewatkan mencicipi kuliner khasnya. Ada timlo di warung kaki lima yang ternyata langganan Presiden Joko Widodo.

Solo memang tak pernah habis dengan kuliner khasnya. Timlo menjadi salah satu kuliner yang sayang dilewatkan jika mudik ke Solo. Timlo merupakan sejenis sup dengan isian telur, kembang tahu dan daging.

Jika ingin menikmati kuliner berkuah gurih ini, kamu bisa mampir ke warung Timlo Maestro yang berlokasi di Jl. K.H Ahmad Dahlan No.60, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Meskipun kaki lima, tetapi warung ini sudah tersohor sejak puluhan tahun lalu. Bahkan warung ini merupakan langganan orang nomor 1 di Indonesia, Presiden Joko Widodo.

1. Menempati Emperan Toko

Timlo Maestro, kuliner khas Solo langganan Presiden Joko WidodoArea makan Timlo Maestro, yang menempati emperan toko Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho

Warung Timlo Maestro terbilang kaki lima, warungnya menempati emperan toko yang sudah tutup. Kamu dapat mengenali warungnya dengan spanduk bertuliskan Timlo Maestro.

Areanya tidak begitu luas. Terdapat meja panjang untuk menaruh menu-menu dan peralatan warung. Sementara itu area pengunjungnya berupa meja kecil untuk duduk lesehan beralaskan karpet.

Satu meja dapat diisi sebanyak 4-5 orang. Untuk memesan kamu bisa memanggil pelayan dan nanti pelayan akan mengantarkan pesanan kamu langsung ke meja.

Baca Juga: Maknyus! Sate Buntel dan Tengkleng Rica Buatan Pak Manto Asli Solo

2. Berdiri sejak Tahun 1997

Timlo MaestroSalah satu pelayan di warung Timlo Maestro yang sedang menyiapkan pesanan Foto: detikcom

Kepada detikcom (18/04/22) Yunanto Adhi Prasetyo, selaku pemilik warung Timlo Maestro mengatakan bahwa warung makannya tersebut sudah berdiri sejak tahun 1997.

Warung ini pertama didirikan oleh sang ayah, dan Yunanto sendiri merupakan generasi ke-3 yang melanjutkan usaha ini. Saat pertama kali buka, warungnya berlokasi di Pasar Triwindu.

"Sering pindah-pindah lokasi juga. Sebelumnya itu di Pasar Triwindu," ujar Yunanto saat dijumpai detikcom di warungnya.

Yunanto menyebutkan bahwa ia mulai mengambil alih usaha warungtimlo ini di tahun 2010. Hal tersebut juga seiring dengan kondisi fisik dan ayah yang semakin menua.



Simak Video "Gurih Hangat Timlo Maestro, Kuliner Malam Legendaris Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT