Kuliner Pasar

Di Pasar Gede Solo Bisa Jajan Nasi Liwet hingga Timlo Sastro Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 27 Mar 2022 08:00 WIB
timlo buat sarapan
Foto: Instagram
Solo -

Saat ke Solo, kamu bisa mencicipi ragam kuliner enak di dalam dan area Pasar Gede. Ada nasi liwet, timlo sastro, hingga lenjongan yang sayang dilewatkan. Intip daftarnya yuk!

Pasar Gede Hardjonagoro atau populer dengan sebutan Pasar Gede Solo adalah salah satu spot favorit wisatawan. Pasalnya di pasar ini bukan hanya tersedia barang kebutuhan sehari-hari, melainkan juga banyak kuliner enak dan legendaris.

Bermodal mulai dari Rp 5 ribu, kamu sudah bisa jajan enak di pasar yang berlokasi Jalan Jenderal Urip Sumoharjo ini. Pilihan makanannya beragam, dari makanan gurih hingga camilan manis. Lokasi penjualnya juga tersebar di bagian dalam hingga sekitar pasar.

Ada apa saja ya pilihannya? Berikut detikfood merangkum 7 kuliner enak di Pasar Gede Solo:

1. Lenjongan

Jajan Lenjongan Yu Sum di Pasar Gede Solo yang Komplet IsinyaFoto: detikfood

Di dalam Pasar Gede Solo ada deretan penjual lenjongan yang bisa kamu temui. Salah satunya lenjongan Yu Sum yang berada di baris paling depan, di lorong kedua sebelah kiri dari arah pintu masuk.

Yu Ji, anak Yu Sum yang menjual lenjongan di sini mengungkap menu jajan pasar yang ia jajakan. Ada ketan item, tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon. Seporsi lenjongan ia tawarkan Rp 5 ribu saja, bisa diberi taburan gula pasir atau saus gula merah. Nikmat!

Baca Juga: Jajan Lenjongan Yu Sum yang Empuk Manis di Pasar Gede

2. Brambang asem

Jajan Lenjongan Yu Sum di Pasar Gede Solo yang Komplet IsinyaFoto: detikfood

Beberapa penjual lenjongan di Pasar Gede Solo juga menawarkan brambang asem yang kini semakin langka. Hidangan ini berupa sayuran rebus yang disajikan bersama tempe gembus.

Jenis sayurannya bisa daun ubi jalar atau kangkung. Brambang asem dinikmati dengan sambal gula merah yang manis, asam, dan pedas karena juga ditambahkan asam Jawa.

3. Timlo Sastro

Timlo SastroFoto: Instagram sekedarmakanaja

Kulineran di Pasar Gede Solo tak lengkap tanpa mampir ke Timlo Sastro yang berada di area belakang pasar. Racikan timlo di sini konon yang pertama karena sudah ada sejak 1952.

Timlo sendiri merupakan sup gaya China yang populer di Solo. Isiannya ada suun, jamur kuping, telur pindang, dan sosis telur. Semua bahan diguyur kaldu bening dan gurih segar yang dibuat dari ayam kampung. Harga timlo komplet di Timlo Sastro sekitar Rp 22 ribuan.

4. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede SoloFoto: Instagram silviana_maria

Selain Timlo Sastro, di Pasar Gede Solo juga ada kuliner legendaris berupa nasi liwet racikan Bu Sri. Ia sudah menjajakan nasi liwet sejak 1978. Nasi gurih dengan perpaduan sayur labu, telur bacem, dan suwiran ayam kampung di sini selalu diburu.

Rasa ayam kampungnya yang gurih dan teksturnya empuk ini konon dibuat dengan bumbu rahasia. Pembeli juga bisa tambah lauk seperti hati, kepala ayam, ceker, atau sayap ayam yang tak kalah nikmat. Seporsi nasi liwet dijajakan mulai dari Rp 10 ribuan.

Di Pasar Gede Solo ada kuliner apa lagi ya? Lihat halaman selanjutnya.