Sate Kambing Tegal vs Solo

Maknyus! Sate Buntel dan Tengkleng Rica Buatan Pak Manto Asli Solo

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 19 Feb 2022 14:30 WIB
Maknyus! Sate Buntel dan Tengkleng Rica Buatan Pak Manto Asli Solo
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Jadi cabang dari Solo satu-satunya di Jakarta, Sate dan Tengkleng Pak Manto wajib dicoba! Di sini ada sate buntel dan tengkleng rica yang enaknya kebangetan!

Sate Solo menjadi salah satu hidangan sate khas Nusantara yang tak kalah lezat dengan sate lainnya. Sate Solo juga terbilang tidak membosankan karena memiliki banyak jenis.

Selain sate yang dibuat dengan potongan daging biasa, ada jenis sate buntel yang menjadi ciri khas dari Solo. Tetapi untuk mencicipi lezatnya sate Solo tak perlu jauh-jauh menuju kota asalnya.

Di Jakarta Selatan ada sebuah kedai sate dan tengkleng Solo yang rasanya masih dijaga keasliannya. Bernama Sate dan Tengkleng Solo Pak Manto, di sini kamu tak perlu pergi jauh untuk menikmati lezatnya sate kambing khas Solo.

Baca juga: Viral! Pedagang Gorengan Tampan dan Modis yang Bikin Netizen Salfok

Satu-satunya Cabang Sate Solo Asli di Jakarta

Maknyus! Sate Buntel dan Tengkleng Rica Buatan Pak Manto Asli SoloJadi satu-satunya cabang Sate dan Tengkleng Pak Manto di Jakarta, kedai ini ramai dikunjungi pelangganya. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Diboyong langsung dari Solo ke Jakarta, cabang Sate dan Tengkleng Solo Pak Manto ini merupakan satu-satunya kedai milik Pak Manto yang ada di Jakarta. Dikelola langsung oleh anaknya, Vita, ternyata kehadirannya baru menginjak tahun ke-3 di Ibukota.

"Iya satu-satunya dan baru 3 tahun ini (ada di Jakarta). Jadi cabang pertama itu di Semarang baru abis itu di sini (Jakarta), pusatnya di Solo," kata Vita kepada detikcom saat ditemui di Sate dan Tengkleng Solo Pak Manto, Bintaro (15/2).

Sebenarnya selain Sate dan Tengkleng Solo Pak Manto, ada beberapa kedai sate Solo lainnya di Jakarta. Bahkan kami sempat terkecoh ketika ingin menuju ke kedai Sate dan Tengkleng Solo Pak Manto yang berada di kawasan Jalan RC Veteran Raya No.3, Bintaro, Jakarta Selatan ini.

Jika dicari melalui Google Maps dengan kata kunci "Sate Solo Pak Manto" maka akan diarahkan ke kawasan Kebon Jeruk. Tetapi Vita, selaku anak dari Pak Manto, mengonfirmasi bahwa sate Solo yang ada di kawasan tersebut bukanlah bagian dari bisnis keluarga mereka.

"Oh bukan, saya juga nggak tahu itu. Kalau mau cari di Google Maps bisa pakai 'Tengkleng Pak Manto'," ujar Vita.

Baca juga: Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/Jam



Simak Video "Lembut Sate Buntel dan Pedas Tengkleng Rica ala Pak Manto"
[Gambas:Video 20detik]