5 Makanan Paling Diburu Usai Lebaran, Bakso hingga Seblak

Devi Setya - detikFood
Selasa, 03 Mei 2022 12:00 WIB
Bakso Mas Ipul
Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Ketupat dan berlauk komplet memang menggoda selera di hari raya. Tapi usai lebaran, justru makanan segar, gurih dan pedas yang lebih menarik.

Makanan berlemak dan bersantan seperti opor, gulai dan rendang memang bikin berselera saat disantap dengan ketupat. Tapi makanan ini justru bikin perut terasa cepat penuh. Alhasil, lidah seolah lebih tergoda dengan kudapan gurih yang bikin segar.

Makanan seperti bakso, pempek hingga seblak pun dilirik usai lebaran. Sensasi rasa makanan yang gurih dan pedas ini bikin penjual makanan ini ramai diantre setelah lebaran.

Tapi selain membeli langsung, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Mumpung keluarga masih kumpul, momen masak bakso atau seblak dijamin jadi makin seru.

Berikut beberapa makanan yang diburu usai lebaran:

1. Bakso

Olahan daging sapi ini memang banyak sekali peminatnya. Termasuk usai lebaran, penjaja bakso yang tetap berjualan saat lebaran pasti diserbu pembeli.

Rasa bakso yang enak serta kuah kaldu bening yang gurih hangat seolah jadi obat penyegar kala bosan makan ketupat dan opor ayam. Ditambah sambal yang pedasnya nendang, bakso pasti makin mantap.

Bakso sapi enak juga bisa dibuat sendiri lho. Resep ini bisa jadi panduan kalau kamu mau membuat bakso sapi dengan kuah kaldu yang gurih sedap.

Bakso Pakde Wonogiri BCABakso jadi makanan yang diburu usai lebaran Foto: detikFood/Devi S. Lestari

2. Mie ayam

Ada lagi makanan yang tak luput dari buruan masyarakat usai lebaran yakni mie ayam. Rasanya yang enak dan porsi mie ayam tidak terlalu berat sehingga cocok jadi kudapan pengganjal perut.

Mie yang kenyal gurih semakin lengkap dengan tambahan daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan bumbu. Paling enak makan mie ayam ditemani segelas minuman dingin. Kamu bisa lho membuat mie ayam lezat dengan resep ini.

3. Pempek

Kudapan asal Palembang ini juga tak ketinggalan. Gurih kenyal pempek yang digoreng garing seolah menggugah selera. Belum lagi guyuran kuah cuko yang pedas manis dan asam. Kalau suka pedas, kamu bisa menambahkan sambal lagi.

Supaya makin komplet, pempek juga kerap disajikan bersama pelengkap mie kuning serta irisan mentimun. Buat yang pulang kampung ke Palembang, pasti kudapan ini tak boleh terlewatkan. Kalau mau membuatnya di rumah bersama keluarga, kamu bisa intip resepnya di sini.