Sajian Lezat Lebaran

5 Sajian Lebaran di Berbagai Negara Paling Enak di Dunia

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 02 Mei 2022 12:00 WIB
1.

5 Sajian Lebaran di Berbagai Negara Paling Enak di Dunia

5 Sajian Lebaran di Berbagai Negara Paling Enak di Dunia
Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

Di beberapa negara dengan mayoritas penduduk muslim memiliki sajian spesial yang wajib ada di hari raya Lebaran. Ada beberapa makanan Lebaran yang disebut paling enak di dunia.


Kalau orang Indonesia sudah familiar dengan opor ayam hingga ketupat sebagai sajian ikonik di hari Lebaran. Di negara lain ada makanan lain yang tak kalah enak disajikan untuk menyambut hari raya kemenangan.

Dilansir dari situs The Culture Trip (01/05), ada beberapa makanan khas Lebaran di berbagai negara yang diklaim memiliki cita rasa enak dibandingkan sajian dari negara lainnya. Setiap sajian ini memiliki ciri khas masing-masing.

Misalnya di Maroko yang punya menu Laasida, sajian Lebaran perpaduan manis dari kue puding beras. Kemudian ada sajia tagine yang dimasak dalam wadah tanah.

Indonesia juga masuk ke dalam daftar negara yang memiliki sajian Lebaran enak. Seperti sajian kue lapis legit dan rendang.

Berikut beberapa makanan lainnya yang masuk ke dalam daftar.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Ayam Praktis, Bisa Jadi Hidangan Spesial Lebaran" selengkapnya


1. Bolani

Afghanistan merupakan salah satu negara berpenduduk mayoritas Muslim. Berbeda dengan negara lainnya, di Afghanistan perayaan Lebaran ini justru lebih fokus untuk merayakan keberhasilan anak-anak dalam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Ada banyak acara atau kegiatan spesial yang dibuat setiap keluarga untuk anak-anak mereka. Namun untuk tradisi makanan saat Idul Fitri, Afghanistan punya bolani. Sajian flatbread atau roti pipih yang diisi dengan sayuran rebus seperti bayem, kentang, labu atau lentil.

Roti ini disajikan dengan cara dipanggang atau digoreng. Tekstur luar roti ini garing renyah, sementara bagian dalamnya tetap juicy lembut. Sering juga disebut sebagai martabak sayur dari Afghanistan yang selalu disajikan saat Lebaran.