6 Tradisi Makan Bersama Saat Lebaran Khas Daerah Indonesia

ADVERTISEMENT

Sajian Lezat lebaran

6 Tradisi Makan Bersama Saat Lebaran Khas Daerah Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 28 Apr 2022 12:30 WIB
bajamba
Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Saat lebaran, banyak masyarakat di daerah-daerah kumpul untuk silaturahmi dan makan bersama. Ada 6 tradisi makan bersama ketika lebaran yang umum dirayakan di daerah Indonesia berikut.

Lebaran adalah hari kemenangan yang diisi dengan acara silaturahmi, bermaaf-maafan, dan makan bersama. Beberapa masyarakat daerah di Indonesia biasanya punya ciri khas dalam merayakan lebaran.

Salah satunya dengan menggelar acara makan bersama yang sudah jadi tradisi turun-temurun. Tak sekadar makan, ada berbagai pesan moral di baliknya dan sejumlah menu khusus yang disiapkan.

Di Aceh, misalnya, masyarakatnya bakal bikin hidangan spesial berbahan daging sapi atau kerbau. Lalu di Sumatera Barat dan Riau, ada tradisi makan bajamba dimana orang-orang berkumpul bersama untuk menikmati makanan enak, 7 hari setelah idul fitri.

Tak ketinggalan binarundak di Sulawesi Utara yang terkenal akan sajian nasi jaha-nya. Masyarakat bakal memasak nasi gurih dalam bambu yang dibakar ini secara bersama-sama.

Berikut detikfood merangkum 6 tradisi makan bersama saat lebaran di berbagai daerah Indonesia:

1. Makmeugang

sie reuboh kuliner AcehSie reuboh, kuliner Aceh yang kerap tersaji pada tradisi makan bersama saat lebaran yaitu makmeugang. Foto: detikfood

Tradisi makan bersama ini berlangsung di Aceh. Namanya makmeugang yang berlangsung saat jelang ramadan, hari idul fitri, dan idul adha. Tradisi ini juga kerap disebut meugang, haghi mamagang, atau uroe meugang.

Mengutip situs pemerintah kota Banda Aceh, tradisi makmeugang konon sudah ada sejak abad ke-14 M ketika agama Islam mulai disebarkan di sana. Ada yang menyebut bahwa makmeugang digelar oleh Sultan Iskandar Muda sebagai wujud rasa syukurnya menyambut bulan ramadan.

Saat makmeygang, masyarakat Aceh akan menyajikan hidangan berbahan daging sapi, lembu, atau kerbau. Ada juga yang mengolah daging kambing, ayam, dan bebek. Olahannya beragam dan menggiurkan selera seperti kari daging, sop daging, sie reuboh, daging asam keueung, hingga gulai merah.

2. Bedulang

Di Bangka, masyarakatnya juga terbiasa makan bersama setelah silaturahmi dan saling bermaafan pada hari lebaran. Tradisi ini disebut bedulang dimana aneka lauk disajikan dalam satu tampah yang ditutup tudung saji.

Hidangannya banyak seperti tumis rebung, tumis keladi, lempah kuning ikan kakap, ikan jebung bakar, lempah kulat perawan, hingga sambal belacan. Untuk sumber karbohidratnya ada nasi merah, singkong goreng, dan jagung rebus.

Lalu saat menikmati bedulang, masyarakat Bangka makan pakai tangan, tidak boleh pakai sendok atau garpu. Biasanya bedulang dinikmati pertama kali oleh orang yang lebih tua dulu, baru kemudian diikuti yang muda. Tradisi ini juga menyimbolkan kehangatan keluarga.

Baca Juga: Bedulang, Tradisi Makan Unik Khas Bangka

3. Makan bajamba

Bajamba bersama JalansutraMakan bajamba dilakukan dengan cara duduk lesehan bersama dan menikmati aneka hidangan yang tersaji. Foto: detikfood

Satu lagi tradisi makan bersama di daerah Indonesia yang kerap digelar saat lebaran. Makan bajamba atau barapak adalah tradisi makan masyarakat Minangkabau dengan cara duduk lesehan bersama-sama dalam satu ruangan.

Biasanya bajamba dilakukan hari ketujuh setelah idul fitri yaitu ketika orang-orang sudah melakukan puasa sunah selama 6 hari, terhitung sejak 2 syawal. Bajamba bisa dilakukan di mana saja, termasuk di masjid sekitar.

Lauk yang disediakan beragam seperti gulai dan rendang. Lalu hal menarik lain dari bajamba adalah adanya sejumlah adab saat menikmati makanan. Seperti jumlah lauk yang disajikan harus adil di antara kelompok, makan tanpa berbunyi, hingga tidak bersendawa.

Lihat halaman selanjutnya untuk tahu tradisi makan bersama saat lebaran khas daerah Indonesia.



Simak Video "Intip Varian Rekomendasi Hampers untuk Lebaran "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT