Semasa Hidup, Orang Tertua di Dunia Berusia 119 Tahun Ini Doyan Coca-Cola

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 02 Mei 2022 17:00 WIB
Kane Tanaka, orang tertua di dunia yang meninggal di usia 119 tahun
Foto: Eat This, Not That!
Jakarta -

Kane Tanaka dinobatkan Guinness Book of World Records sebagai orang tertua di dunia. Dirinya yang berusia 119 tahun baru saja meninggal pada 19 April 2022.

Semasa hidupnya, Kane Tanaka menjadi saksi dari berbagai momen-momen penting sejarah dunia. Tanaka lahir pada tahun 1903, tahun yang sama ketika Wright bersaudara sukses menerbangkan pesawat untuk pertama kali.

Mengutip Eat This, Not That! (25/4/2022), ada cerita menarik dari sosok Kane Tanaka semasa hidup menjadi orang tertua di dunia. Dalam wawancara bersama Japan National Tourism Organization tahun 2020, Tanaka mengungkap makanan favoritnya.

"Makanan favorit saya adalah minuman bersoda (terutama Coca-Cola), tapi juga kopi dan cokelat," ujarnya. Tanaka juga berseloroh sepertinya tidak ada makanan yang tidak ia suka.

Kalaupun disuguhi beragam makanan, ia paling tidak bisa menolak tiga makanan ini. "Bagi saya, makanan itu adalah minuman soda, kopi, dan cokelat!" kata Tanaka.

FILE PHOTO: 116-year-old Japanese woman Kane Tanaka celebrates during a ceremony to recognise her as the world's oldest person living and world's oldest woman living by the Guinness World Records in Fukuoka, Japan March 9, 2019.  Mandatory credit Kyodo/via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. THIS IMAGE WAS PROCESSED BY REUTERS TO ENHANCE QUALITY, AN UNPROCESSED VERSION HAS BEEN PROVIDED SEPARATELY./File PhotoKane Tanaka dinobatkan Guinness Book of World Records sebagai orang tertua di dunia, meninggal pada usia 119 tahun. Foto: Kyodo/via REUTERS

Ketika dirinya dinobatkan sebagai orang tertua di dunia oleh Guinness Book of World Records, ia dihadiahi sekotak cokelat. Ia begitu tak sabar mencicipinya sampai-sampai ketika kotak cokelat dibuka, Tanaka mengaku ingin makan 100 cokelat. Tanaka juga terlihat menikmati momen makan kue dengan krim dan stroberi pada acara penobatan penting itu.

Hal unik lain yang terjadi semasa hidupnya adalah ia dihadiahi Coca-Cola pada ulang tahunnya yang ke-119. Perusahaan minuman soda itu tahu produknya begitu dicintai Tanaka. Karenanya mereka membuat Coca-Cola dengan sentuhan personal untuk Tanaka.

Meski ia menyukai banyak makanan manis dan minuman tinggi gula, kebiasaan makan ini tidak membuatmu berumur panjang. Rahasia panjang umur Tanaka sebenarnya lebih kepada menikmati hal-hal yang ia sukai dalam hidup.

Ternyata Ini Alasan Kemasan Coca-Cola Berwarna MerahCoca-Cola menjadi minuman favorit Kane Tanaka selama hidup. Foto: Getty Images/Fotoatelie

"Lakukan hal yang kamu suka. Makan makanan yang kamu suka. Saya bisa menikmati setiap hari saya selama ini," katanya soal rahasia umur panjang. Ia juga punya hobi bermain Othello, permainan papan, puzzle matematika, dan mengobrol dengan banyak orang.

Kalau kamu berkunjung ke daerah asal Tanaka yaitu Fukuoka, ia pernah menyarankan banyak makanan khas sana untuk dicoba. Mulai dari ramen Hakata, motsu nabe, mentaiko (telur ikan), mizutaki (hotpot ayam), hingga gerai-gerai makanan yatai.

Jepang sendiri terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang penduduknya memiliki umur harapan hidup yang panjang. Daerah paling terkenalnya adalah Okinawa. Okinawa bahkan masuk kawasan Blue Zones, wilayah di dunia dimana jumlah penduduknya yang berusia lebih dari 100 tahun begitu banyak.



Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)