Wanita Tertua di Dunia Usia 122 Tahun Selalu Makan Cokelat Setiap Hari

Devi Setya - detikFood
Kamis, 14 Apr 2022 13:00 WIB
Wanita Tertua di Dunia Selalu Makan Cokelat
Foto: Eat This Not That
Jakarta -

Cokelat bukan hanya enak, tapi juga bikin panjang umur karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Wanita tertua di dunia bahkan setiap hari mengonsumsi cokelat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur. Termasuk menjalani gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga. Ada juga hal utama yang membuat umur panjang yakni menjalani hidup dengan bahagia dan menjadi diri sendiri.

Dari banyaknya makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan, ada salah satu makanan yang terbukti secara ilmiah bikin umur panjang yakni cokelat. Rahasia panjang umur wanita tertua di dunia adalah dengan mengonsumsi cokelat setiap hari.

Wanita Tertua di Dunia Selalu Makan CokelatWanita Tertua di Dunia Selalu Makan Cokelat Foto: Eat This Not That

Dilansir dari Eat This (14/4) Jeanne Calment mendapat gelar sebagai wanita tertua di dunia sekaligus orang tertua di dunia. Jeanne yang asli berdarah Prancis ini meninggal di usia 122 tahun.

Meskipun sudah meninggal, ternyata banyak orang yang penasaran dengan pola makannya. Anak dan cucu Jeanne kerap mendapat pertanyaan seputar makanan yang disantap nenek ini.

Jeanne diketahui sebagai penggemar berat cokelat. Dalam seminggu ia bisa menghabiskan hampir satu kilogram cokelat. Sebuah artikel yang ditulis oleh All That's Interesting menjelaskan bahwa Jeanne Calment selalu makan makanan penutup termasuk cokelat sampai usia 116 tahun.

Sampai akhir hayatnya, Jeanne masih rutin mengonsumsi makanan manis. Usia tidak menjadi hambatan bagi Jeanne makan makanan manis. Padahal di usia tua biasanya banyak orang bermasalah dengan gula darah.

Pola makan Jeanne juga menjadi sorotan banyak orang. Santapan sehari-hari Jeanne adalah olahan daging sapi yang direbus. Ia juga rutin mengonsumsi olahan ikan. Sesekali ia makan makanan yang digoreng dan makanan pedas saat ia merasa makanannya terlalu hambar.

Jeanne juga sering menambahkan minyak zaitun pada makanannya. Minyak zaitun dianggap sebagai 'obat' alami saat untuk mencegah peradangan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Antioksidan & Redox Signaling Journal, cokelat mengandung banyak manfaat kesehatan yang lebih dari sekadar makanan manis. Coklat terbukti paling bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

Sebuah penelitian juga mengungkap manfaat kesehatan dari konsumsi cokelat hitam. Kakao yang ditemukan dalam cokelat mengandung lebih banyak antioksidan fenolik yakni senyawa yang bereaksi dengan berbagai radikal bebas. Antioksidan ini jumlahnya sangat banyak dibandingkan pada makanan lain.

Manfaat cokelatcokelat Foto: iStock

Jeanne setiap hari bangun pukul 6.45 pagi dan memulai hari dengan berdoa. Kemudian ia melakukan senam rutinnya dengan menggerakkan tangan dan kaki secara perlahan. Selanjutnya ia mandi. Terkadang ia menyiram tubuhnya dengan minyak zaitun.

Jeanne tinggal sendirian di rumahnya sampai usia 109 tahun. Setelah itu ia pindah ke panti jompo. Selama berada di panti jompo ini Jeanne mengikuti beberapa penelitian supercentenarian yakni penelitian yang dilakukan untuk orang yang berusia 110 tahun.

Selama studi tersebut, dokter memperhatikan bahwa Jeanne Calment bergerak lebih cepat, memiliki kemampuan mental yang lebih baik dan lebih sehat daripada orang yang usianya 10 atau 20 tahun lebih muda darinya.



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)