Ingin Sehat dan Panjar Umur? Tirulah Pola Makan Sehat Orang Jepang

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 03 Feb 2022 13:33 WIB
10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Pola makan sehat ala orang Jepang membuat mereka berusia panjang. Maka banyak peneliti dan ahli kesehatan menganjurkan orang-orang meniru pola makan itu.

Panjang umur dan hidup sehat merupakan idaman sebagian besar orang. Selain menjalani gaya hidup sehat, pola makan juga cukup berpengaruh untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari DailyMailUK (02/01), baru-baru ini beberapa peneliti senior dari Royal College of Medicine, menemukan fakta ilmiah terbaru bahwa orang-orang di Jepang memiliki usia hidup yang lebih panjang dibandingkan orang-orang di negara lainnya.

Terutama di daerah Okinawa, kebanyakan orang-orang di sana hidup sehat di usia 90 bahkan 100 tahun. Okinawa bahkan memiliki tingkat usia hidup yang cukup tinggi di Jepang.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata orang-orang di Okinawa menerapkan pola hidup dan makan sehat. Mereka rutin mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan minim garam.

Baca Juga: 10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur" selengkapnya


Selain itu mereka juga rajin makan tahu, rumput laut hingga aneka sayuran. Porsi makanannya juga 10% lebih sedikit dibandingkan orang-orang di negara lain.

Metode ini lah yang dinamakan 'Hara Hachi Bu', artinya orang-orang di sana berhenti makan ketika mereka sudah merasa 80% kenyang, jadi tidak benar-benar kenyang.

Dalam penelitian di Amerika contohnya, Hara Hachi Bu ini secara singkat mirip dengan diet rendah kalori. Di mana orang-orang yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini secara disiplin mengurangi asupan kalori mereka sebanyak 12% selama dua tahun berturut-turut.

Hasilnya orang-orang ini mengalami peningkatkan hormon yang berkatian dengan panjang umur. Berat badan mereka juga turun sekitar 10%.

Hal ini disebabkan karena protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna. Selain itu ada karbohidrat dan lemak yang cukup sulit dicerna oleh tubuh.

pola makan panjang umur orang jepangpola makan panjang umur orang jepang Foto: iStock , Times Now News

Tak hanya itu, selain mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan tinggi kalori, ada lagi bagian dari rahasia panjang umur orang-orang di Jepang.

Mereka rajin mengonsumsi sup miso yang diolah dari rumput laut cokelat. Sup ini kaya serat dan mineral, serta mengandung fucoidan yang dapat mengurangi peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Fucoidan disebut dapat membantu mengurangi efek infeksi virus yang bisa merusak paru-paru. Jadi rajin konsumsi sup miso tak hanya membuat orang menjadi lebih panjang umur, tapi juga bisa membantu melindungi diri dari serangan COVID-19.

Diketahui sebelumnya, orang tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang berasal dari Jepang. Wanita bernama Kane Tanaka ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-119 tahun bulan Januari lalu.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-119, Orang Tertua di Dunia Ini Dapat Hadiah Minuman Bersoda" selengkapnya



Simak Video "Menyantap Coto Makassar di Bangunan Limasan 300 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)