Kerja di Restoran Padang, Pria Ini Selalu Unggah Video Cuci Ratusan Piring

Devi Setya - detikFood
Kamis, 28 Apr 2022 13:30 WIB
Video Cuci Ratusan Piring
Foto: TikTok @aemhan71
Jakarta -

Bekerja sebagai pencuci piring di restoran Padang membuat pria bernama Emhan ini setiap hari mencuci ratusan piring sekaligus. Ia pun merekam aksinya dan mengundang perhatian netizen.

Di restoran bukan hanya ada orang-orang yang bertugas menjadi pelayan dan chef saja tapi juga ada bagian dishwasher yang tugasnya membersihkan alat masak dan alat makan. Semua kebersihan alat masak seperti panci, wajan hingga sutil menjadi tanggungjawabnya. Demikian juga alat makan.

Bekerja sebagai pencuci piring tidaklah mudah, mereka harus kuat menahan dingin karena berjam-jam berada di dekat air. Mereka juga dituntut harus kerja dengan cepat.

Video Cuci Ratusan PiringVideo Cuci Ratusan Piring Foto: TikTok @aemhan71

Pengalaman menjadi pencuci piring dibagikan oleh pria pengguna akun TikTok @aemhan71. Ia memiliki akun TikTok yang semua isi kontennya adalah kegiatan mencuci dan membersihkan piring.

"Cuci piring versi santuy," ujarnya dalam video yang diunggah.

Video ini memperlihatkan Emhan mencuci beberapa tumpuk piring. Diperkirakan jumlahnya ada ratusan. Setiap piring sudah disusun berdasarkan ukuran dan bentuknya sehingga ia bisa lebih mudah mencucinya.

Setiap tumpuk piring diletakkan di depannya, lalu ia membersihkan dengan busa cuci piring sambil dikucuri air. Piring yang sudah bersih ini kemudian dimasukkan ke dalam bak besar berisi air.

Prosesnya berlangsung dengan sangat cepat, setumpuk piring bahkan bisa diselesaikan hanya dalam hitungan menit saja. Pemandangan inilah yang membuat banyak orang tertarik melihatnya. Video ini bahkan sudah disaksikan lebih dari 4,7 juta kali.

Ratusan netizen pun melemparkan berbagai komentar. Ada yang meragukan kebersihan piring karena terlihat tidak dicuci dengan benar, namun tak sedikit juga yang salut dengan kecepatan mencuci piring dengan teknik ini.

"Cepat bangat nyuci piring nya, kalau saya mungkin bisa satu hari nyucinya apalagi sebanyak itu," ujar netizen.

"Teknik kaya gini pernah aku pake dulu pas di katering, nggak bakal pecah sih selama sabunnya tidak terlalu banyak tapi pas, mantapp ide nya samaan," sahut netizen lainnya.

Dikonfirmasi Detikcom (27/4) Emhan mengatakan membuat konten cuci piring ini karena memang pekerjaan ia setiap hari mencuci piring. Ia juga menjelaskan bahwa piring yang dicucinya ini dijamin bersih.

Video Cuci Ratusan PiringVideo Cuci Ratusan Piring Foto: TikTok @aemhan71


"Bersih dong, itu sudah tiga kali tahap pembersihan. Jadi itu tinggal di bilas saja," jelas Emhan yang bekerja di restoran Padang Pagi Sore cabang Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

"Itu juga awalnya kotor kok, tapi dibersihin dulu pake air dan di gosok pake spons busa, lalu tinggal dibilas, udah deh bersih. Kalau banyak yang bilang susah, nggak sih yang penting mencintai pekerjaan sendiri," lanjut Emhan.

Menjalani rutinitas menjadi pencuci piring setiap hari juga membuat Emhan mengalami suka dan duka. Ia sering memecahkan piring yang dicucinya. Namun semua dianggap wajar dan ia selalu belajar dari pengalaman agar keesokan harinya tak lagi memecahkan piring.



Simak Video "Pakai Belimbing Wuluh, Cuci Piring Jadi Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)