7 Racikan Kopi Paling Unik di Dunia, Ada Es Kopi Alpukat dari Indonesia

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 28 Apr 2022 06:00 WIB
7 Racikan Kopi Paling Unik di Dunia, Ada Es Kopi Alpukat dari Indonesia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio
Jakarta -

Minum kopi seolah sudah menjadi gaya hidup yang sulit dilepaskan. Ternyata tidak hanya kopi susu dan kopi hitam, ada banyak racikan kopi unik di dunia yang wajib dicoba.

Kopi identik dengan minuman penambah energi di pagi hari yang sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar orang. Kandungan kafeinnya banyak dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat di pagi hari.

Kopi tidak hanya bisa disajikan sebagai kopi hitam atau dengan campuran susu dan krim saja. Ada beberapa racikan kopi yang cukup kompleks dengan berbagai komponen tambahan tetapi hasilnya justru terasa unik dan menyegarkan.

Racikan kopi ini disesuaikan oleh masing-masing daerah tempat kopi tersebut disajikan. Kekayaan rempah hingga selera lokal menjadi salah satu faktor yang membuat racikan kopi unik ini bisa tercipta.

Berikut ini 7 racikan kopi unik yang ada di dunia menurut Lifestyle Asia:

7 Racikan Kopi Paling Unik di Dunia, Ada Es Kopi Alpukat dari IndonesiaMenggunakan kuning telur dan susu yang dikocok, racikan kopi ini ditemukan akibat krisis susu yang dialami barista Vietnam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio

1. Ca Phe Trung, Vietnam

Jenis kopi asal Vietnam ini sebenarnya paling banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan. Resepnya menggabungkan kuning telur dan susu kental manis yang dikocok hingga berbusa.

Setelah itu espresso atau kopi hitam yang pekat baru dituangkan ke dalamnya. Hasilnya ciri khas rasa dari kopi ini cenderung gurih creamy dengan kopi yang kuat. Konon racikan kopi ini hadir di tahun 1946 di Hanoi saat para barista mengalami krisis susu.

2. Oliang, Thailand

Kopi tradisional khas Thailand ini dibuat menggunakan biji kopi arabika dan beberapa rempah yang diaduk menjadi satu. Rempah-rempah yang dicampurkan antara lain kapulaga, biji wijen, jagung, kedelai hingga beras. Kopi ini disajikan secara dingin dan biasanya banyak dipesan ketika cuaca sedang panas.

Walaupun terdengar cukup asing, racikan kopi ini ternyata disajikan hampir di seluruh kafe dan restoran otentik Thailand. Rasanya cenderung lebih smokey dengan cita rasa manis yang datang dari penggunaan rempah dengan tambahan susu kental manis. Selain di Thailand, kopi ini ternyata juga banyak disajikan di India.

3. Caife Gaelach, Irlandia

Berpuluh-puluh tahun silam, seorang chef bernama Joe Sheridan berusaha menyajikan minuman yang dapat membuat para pelanggan menjadi lebih bersemangat. Menggunakan berbagai komponen tambahan ke dalam segelas kopi hitam, Sheridan bereksperimen dengan gula aren hingga whiskey asli dari Irlandia.

Tidak disangka, kopi racikannya ini ternyata banyak dikagumi orang dan mulai populer sejak pertama kali disajikan di bandara Foynes Port, Eropa. Rasanya yang dingin menyegarkan hingga kini dikenal juga dengan sebutan Irish Coffee atau kopinya orang Irlandia.

Racikan kopi unik di dunia yang wajib dicoba lainnya ada di halaman selanjutnya.