Youtuber Ini Tantang Orang Jepang Makan Belalang Goreng, Berakhir Ketagihan

ADVERTISEMENT

Youtuber Ini Tantang Orang Jepang Makan Belalang Goreng, Berakhir Ketagihan

Devi Setya - detikFood
Rabu, 27 Apr 2022 12:30 WIB
Belalang Goreng
Foto: Getty Images/iStockphoto/luknaja
Jakarta -

Youtuber Turah Parthayana menantang Jerome Polin dan beberapa temannya untuk makan belalang goreng. Remaja asal Jepang ini pun awalnya berteriak ngeri saat disuapi belalang goreng.

Belalang goreng termasuk camilan yang banyak dikonsumsi di beberapa daerah di Jogja. Siapapun yang belum pernah makan belalang goreng pasti seram melihat tampilannya.

Seperti 'Waseda Boys' yang terdiri dari Jerome Polin dan tiga rekannya yang berdarah asli Jepang. Mereka ditantang makan belalang goreng oleh Turah Parthayana saat mengunjungi kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.

"Reaksi Waseda Boys makan belalang goreng," tulis Turah pada keterangan videonya.'

Orang Jepang Makan Belalang GorengOrang Jepang Makan Belalang Goreng Foto: instagram @turahparthayana

Sebelumnya, Turah sudah membeli belalang goreng dari seorang penjual. Satu stoples belalang goreng ini dibanderol dengan harga Rp 25 ribu. Ia pun langsung menyantapnya dan mengatakan kalau rasanya enak.

Pria asli Bali ini kemudian menawarkan belalang goreng pada Jerome Polin, Tomo, Yusuke dan Ryoma. Empat orang yang dikenal sebagai Waseda Boys ini tak ada yang berani menyentuh belalang goreng.

Sampai akhirnya Turah dan Jerome memaksa teman-temannya ini. "Nggak mau dong. Tidaaak," kata seorang teman Jerome sambil berlari kabur menjauh.

Jerome berusaha meyakinkan kalau rasa belalang goreng ini enak. Ia akhirnya menutup mata temannya lalu menyuapi belalang goreng ini. Reaksi yang ditunjukkan ternyata cukup membuat kaget. Semua yang awalnya takut dengan rasa belalang goreng justru malah ketagihan.

Beberapa yang sudah mencoba bahkan mengatakan rasanya enak dan mirip rasa ebi. Belalang goreng yang bertekstur renyah ini memang punya rasa gurih asin.

Di Jogja, khususnya di kawasan Gunung Kidul, belalang goreng memang dikenal sebagai camilan. Beberapa warga bahkan menyantapnya sebagai lauk teman makan nasi. Makanan yang juga populer dengan sebutan walang goreng ini diklaim mengandung protein dalam jumlah tinggi.

Orang Jepang Makan Belalang GorengOrang Jepang Makan Belalang Goreng Foto: instagram @turahparthayana

Sebagian masyarakat menganggap belalang sebagai hama, oleh karenanya dibasmi. Salah satu cara membasminya dengan menangkap lalu diolah menjadi makanan.

Untuk mengolah belalang ini, awalnya bagian kaki dan sayap belalang akan dibuang lebih dulu. Kemudian belalang diguyur air panas sebelum dicuci bersih dan digoreng dalam minyak panas.

Belalang goreng biasanya diolah dengan bumbu tambahan yang rasanya manis, pedas dan asin. Untuk harga, satu paket belalang goreng ini dibanderol mulai Rp 18 ribuan. Biasanya belalang goreng dijajakan di pinggir jalan oleh penjual dadakan.



Simak Video "Chillax, Tempat Nongkrong ala Eropa di Sudirman yang Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT