ADVERTISEMENT

Jangan Lagi Percaya! Ini 6 Mitos Soal Makanan Beku yang Keliru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 27 Apr 2022 13:00 WIB
Jangan Lagi Percaya! Ini 6 Mitos Soal Makanan Beku yang Keliru
Foto: Getty Images/iStockphoto/BravissimoS

4. Makanan beku tinggi sodium dan bahan pengawet

Jangan Lagi Percaya! Ini 6 Mitos Soal Makanan Beku yang KeliruMakanan beku ditambahkan bahan pengawet agar tahan lebih lama lagi adalah mitos belaka. Foto: Getty Images/iStockphoto/BravissimoS

Tak sedikit orang yang mencap buruk nutrisi makanan beku. Pada buah dan sayuran beku misalnya, dianggap ditambahkan banyak bahan pengawet untuk memperpanjang masa simpannya.

Faktanya tak perlu ada penambahan bahan pengawet atau sodium untuk membuat makanan beku bisa bertahan lebih lama. Membekukan makanan sudah menjadi teknik tersendiri untuk mencapai hasil itu.

5. Aman menaruh makanan beku di kemasan aslinya

Mitos makanan beku selanjutnya adalah meyakini tak mengapa menyimpan makanan beku di kemasan aslinya. Misal pada kentang goreng, setelah kamu mengeluarkan beberapa untuk digoreng, kamu membiarkan sisa kentang goreng pada kemasan aslinya dan menaruh lagi di freezer.

Cara ini sebaiknya tak dilakukan karena tak semua kemasan makanan beku itu kedap udara. Tujuannya adalah menghindari risiko kontaminasi makanan. Disarankan untuk kamu memindahkan makanan beku ke wadah bersih dan kedap udara sebelum memasukkannya ke freezer.

6. Makanan beku tak sesehat makanan segar

Jangan Lagi Percaya! Ini 6 Mitos Soal Makanan Beku yang KeliruMakanan beku bisa lebih sehat dari bahan makanan segar karena nutrisinya terjaga. Foto: Getty Images/iStockphoto/BravissimoS

Perlu diluruskan bahwa makanan beku tak selamanya lebih kurang bernutrisi dibanding makanan segar. Nyatanya, makanan segar kehilangan nutrisinya seiring waktu, sedangkan makanan beku bisa mempertahankan kandungan nutrisi di dalamnya.

Hal ini berlaku untuk bahan makanan segar. Berbagai vitamin dan mineral dalam buah, sayur, daging ayam, hingga daging sapi akan terjaga kualitasnya selama dibekukan. Hal serupa tidak bakal terjadi saat kamu menaruhnya di suhu ruangan.



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT