Kopi di Pesawat Sering Disebut Diseduh Pakai Air Toilet, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood
Selasa, 26 Apr 2022 18:00 WIB
Ilustrasi kopi di pesawat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Diy13
Jakarta -

Banyak orang enggan memesan kopi saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Ada mitos yang beredar bahwa kabarnya kopi dibuat dengan air dari tangki toilet. Benarkah?

Ketika menumpang pesawat, ada paket makanan dan minuman yang ditawarkan pihak maskapai. Menu makanan dan minuman di pesawat ini memang terkenal hambar. Bukan karena makanannya tidak enak, tetapi karena respon alami lidah yang terhadap ketinggian.

Pilihan makanan di pesawat terbilang lengkap, ada menu ikan, ayam hingga olahan daging. Demikian juga untuk pilihan minumannya.

Ilustrasi kopi di pesawatIlustrasi kopi di pesawat Foto: Getty Images/iStockphoto/Diy13

Khusus untuk minuman, pilihannya terbilang tak kalah lengkap mulai dari air mineral, jus buah, teh hingga kopi. Namun ada mitos yang beredar seputar kopi di pesawat. Mitos ini membuat banyak penumpang enggan memesan kopi.

Dilansir dari Mashed (26/4) ada mitos yang mengatakan bahwa kopi yang diseduh di dalam pesawat menggunakan air tangki toilet. Padahal sebenarnya hal ini sama sekali tidak terbukti dan hanya isu semata.

Air mineral non kemasan dan air yang digunakan untuk menyeduh kopi diklaim berasal dari tangki penyimpanan yang sama dengan air toilet. Tentu isu ini terdengar menjijikan, sayangnya banyak orang percaya mitos yang sama sekali tidak ada buktinya ini.

Kopi dan air yang dikonsumsi penumpang di pesawat sama sekali bukan berasal dari tangki air toilet. Ada juga yang mengira kalau air konsumsi ini merupakan air daur ulang dari air toilet.

Arina Bloom, mantan pramugari di salah satu maskapai menjelaskan kalau isu ini tidak benar. Arina menjelaskan dirinya selalu minum air dari tangki penyimpanan air di dalam pesawat selama bertugas. Ia mengaku dirinya baik-baik saja dan sama sekali tidak mengalami gangguan kesehatan.

Lebih lanjut, Ariana mengatakan ada dua tangki terpisah yang menampung air untuk keperluan toilet dan air untuk keperluan konsumsi. Selain itu ia juga memastikan bahwa tangki ini memiliki standar kebersihan yang layak.

Isu soal kopi yang terbuat dari air toilet ini pertama kali dibeberkan oleh seorang mantan pramugari lewat video TikTok yang diunggah pada 2021 lalu. Ia mengatakan harus menghindari kopi saat menumpang pesawat karena tangki penyimpanan air tidak pernah dibersihkan.

Ilustrasi kopi di pesawatIlustrasi kopi di pesawat Foto: Getty Images/iStockphoto/Diy13

Sebaliknya, pada 2019 terdapat sebuah penelitian tentang kualitas air di beberapa maskapai besar. Lewat penelitian ini bisa dibuktikan bahwa air tangki di pesawat terbilang bersih dan higienis. Meskipun ada beberapa maskapai yang memiliki nilai rendah untuk kualitas air minum yakni Spirit Airlines dan JetBlue.

Jadi tak perlu khawatir jika ingin menikmati kopi hangat yang baru diseduh ketika kamu menjadi penumpang pesawat. Atau jika masih percaya dengan isu ini, sebaiknya kamu memilih minum air kemasan saja.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)