ADVERTISEMENT

Sajian Lezat Lebaran

Ketupat dan Opor Ayam, Hidangan Ikonik yang Selalu Dinanti Saat Lebaran

Devi Setya - detikFood
Selasa, 26 Apr 2022 13:00 WIB
Ilustrasi hidangan lengkap lebaran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma
Jakarta -

Selain menyiapkan kue kering, ada yang tak kalah penting yakni hidangan utama saat lebaran. Menu ikonik seperti ketupat, opor ayam, semur dan sayur godog selalu dinanti di hari istimewa.

Momen lebaran menjadi hari raya sekaligus momen kumpul keluarga. Semua umat muslim merayakan dengan saling bermaafan. Kumpul keluarga ini tentu tak bisa dilewatkan begitu saja tanpa menikmati makanan khas lebaran.

Rasanya kurang lengkap jika merayakan lebaran tanpa menikmati ketupat dan aneka lauk pauk khasnya. Terkadang hidangan inilah yang dinanti ketika berkumpul dan berkunjung ke rumah nenek ataupun orangtua. Rasa masakan rumahan dengan bumbu medok ini bikin nostalgia ke masa kecil, apalagi bagi anak rantau.

Ilustrasi hidangan lengkap lebaranIlustrasi hidangan lengkap lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Di beberapa daerah, khususnya Jawa, biasanya menghadirkan ketupat dengan lauk sayur godog yang gurih pedas. Pelengkapnya ada opor ayam kampung. Khusus untuk opor, saat lebaran ada yang menghadirkan opor ayam putih, opor ayam kuning bahkan opor ayam bakar dengan kuah kental.

Tak hanya opor, ada juga deretan menu lainnya seperti rendang, semur hingga sambal goreng kentang yang terkadang bikin kalap makan. Meski sederhana, masakan ala rumah ini selalu bikin kangen.

Lain di Jawa, lain juga di daerah lain. Sebut saja misalnya di Sumatera Barat, masyarakat menikmati hidangan katupek pitalah yang disajikan dengan gulai berisi telur, lobak, nangka hingga kacang panjang. Ada juga masyarakat Medan yang menikmati ketupat pulut santan saat lebaran. Sementara di Makassar justru menyantap buras bersama keluarga besar.

Untuk bisa menyajikan hidangan lebaran yang lezat, DetikFood akan membagikan tips dan trik mengolah ketupat hingga aneka lauk pauk ini. Tips menyimpan bahan hingga menghangatkan makanan lebaran pun dibahas lengkap.

Dijelaskan juga tradisi makan saat lebaran serta budaya antar mengantarkan makanan kepada orang yang lebih tua. Tradisi ini sudah berkembang lebih modern sehingga bisa lebih praktis memesan hampers ketupat yang dikirimkan saat hari raya.

Ilustrasi hidangan lengkap lebaranIlustrasi hidangan lengkap lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Seorang chef hotel berbintang juga membagaikan resep dan tips memasak nasi kebuli ayam dan gulai kepala ikan yang sedap dan gampang diolah. Bisa jadi pilihan jika bosan dengan ketupat dan opor ayam.

Selain hidangan utama, DetikFood juga akan membagikan resep dan tips membuat minuman segar untuk hari spesial. Tak ketinggalan juga tips dan trik agar puas makan tapi tak khawatir lemak tubuh menumpuk.

Jangan lewatkan setiap ulasan Sajian Lezat Lebaran yang akan dibahas lengkap di DetikFood. Pastikan kamu mendapatkan info lengkap agar hidangan lebaran di rumah tersaji lezat dan memuaskan keluarga.



Simak Video "Sajian Berbeda di Hari Lebaran: Gulai Kepala Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT