Kue Lebaran

Menyiapkan Kue-kue Klasik hingga Tradisional untuk Suguhan Idul Fitri

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 19 Apr 2022 17:34 WIB
Nastar, Nastar Cookies with pineapple jam inside. Familiar during the month of Ramadan and Eid Fitri
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti
Jakarta -

Perayaan Idul Fitri diawali dari rumah. Tentu saja dengan beragam kue-kue tradisional, kue kering dan cake. Baik klasik maupun kekinian disajikan istimewa.

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia dirayakan istimewa di tahun ini setelah PPKM selama 2 tahun. Setiap orang menyajikan kue dan hidangan khas keluarga Selain hidangan utama, ada juga aneka kue yang akan melengkapi perayaan Idul Fitri.

Menyebut kue lebaran orang akan teringat kue-kue kering klasik dan ikonik Lebaran. Seperti kue semprit keju, kue nastar, semprit keju, lidah kucing hingga kastengel. Tak ketinggalan camilan tradisional khas daerah atau lokal.

Baca Juga: 3 Resep Soto Daging Khas Jawa Tanpa Santan yang Gurih Kuahnya

Orang Jawa Tengah menyajikan rengginang, lanting atau telur gabus. Orang Betawi punya kembang goyang, biji ketapang, kue satu kacang hijau, dan lainnya. Keunikan inilah yang membuat lebaran selalu dirindukan setiap orang Indonesia.

Sebagian besar orang membuat kue-kue lebaran sendiri. Biasanya dibuat 2 minggu sebelum lebaran. Sambil menunggu waktu berbuka kue-kue dibuat oleh anggota keluarga. Jika tak banyak waktu kue-kue dipesan di toko kue atau industri rumahan.

Ulasan detikfood minggu ini membahas soal kue-kue lebaran. Ada resep-resep kue kering klasik lebaran yang bisa dibuat sendiri lengkap dengan tipsnya. Ada juga rekomendasi tempat memesan kue kering, soft cookies hingga beragam camilan lainnya.

Tak ketinggalan ragam camilan tradisional yang bisa memeriahkan suguhan di hari lebaran. Seperti kue satru, kembang goyang, semprong, rengginang, hingga dodol betawi.

kue lebarankue lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/

Baca Juga: Sah! Harga Kerupuk Warung Naik Jadi Rp 2.000 Setelah Lebaran

Kue bolu dan cake yang manis lembut juga biasa meramaikan meja tamu saat hari lebaran Idul Fitri. Cake yang biasanya disajikan adalah chiffon, kue marmer, hingga bolu gulung. Selain itu ada rekomendasi tempat memesannya jika tak sempat membuat sendiri.

Industri kue kering rumahan juga punya kesibukan tahunan yang menarik. Seperti industri kue kering lebaran di Tangerang yang selalu kebanjiran pesanan sejak awal puasa. Ratusan kilogram kue kering lebaran dipasarkan sejak sebulan lalu.

kue lebarankue lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/

Termasuk industri kue kacang Mak Enak asli Jember, Jawa Timur yang terkenal lezat dan legendaris. Kue kacang yang manis gurih pastinya akan menjadi suguhan nikmat di hari lebaran. Populer hingga ke berbagai kota di Indonesia. Harganya murah, rasanya enak!

Ingin cari info soal resep kue lebaran atau tempat pesannya? Simak detikfood karena kami akan menenami kamu menyiapkan kue-kue lebaran dengan informasi terkini!

Baca Juga: Heboh! Nenek Ini Bikin Tutorial Pastel Pakai Gigi Palsu sebagai Cetakannya



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)