Bukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 17:00 WIB
Bukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang Basah yang Hits di Jepang
Foto: Sora News 24
Jakarta -

Keripik kentang identik dengan teksturnya yang garing renyah, namun kini di Jepang ada produk keripik kentang unik. Dinamai "wet" potato chips, teksturnya justru sedikit basah cenderung lembek!

Keripik kentang jadi salah satu camilan populer di dunia. Kentang dipotong tipis-tipis, digoreng, lalu diberi aneka bumbu gurih. Tak sedikit juga produsen keripik kentang yang menciptakan rasa unik untuk produknya.

Kini sebuah inovasi keripik kentang diperkenalkan di Jepang. Jika biasanya keripik kentang memiliki tekstur garing dan renyah, berbeda dengan Nure Jaga. Nama keripik kentang keluaran Calbee ini memiliki arti "Wet Potato" atau "Kentang Basah".

Sesuai namanya, keripik kentang ini memiliki tekstur lembap, sebuah deskripsi yang tidak umum untuk menggambarkan kelezatan keripik kentang. Nama "Nure" konon juga terinspirasi produk "Nure Senbei", jenis rice cracker (senbei) lembap yang dijual di Jepang sejak 1963.

Bukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di JepangBukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di Jepang Foto: Sora News 24

Mengutip Sora News 24 (24/4/2022), keripik kentang basah ini awalnya dijual eksklusif di perusahaan Calbee dan gerainya. Kemudian pada April, Calbee memperluas penjualannya dengan menaruh Nure Jaga di seluruh gerai 7-Eleven Jepang.

Harganya 151 yen atau sekitar Rp 17 ribu. Pantauan Sora News 24, produk ini kerap cepat habis karena mengundang rasa penasaran. Reporter mereka, K. Masami bahkan harus mengunjungi beberapa 7-Eleven dulu sebelum berhasil mendapatkannya.

Saat membuka kemasan Nure Jaga, Masami langsung jatuh cinta dengan tampilan dan aroma keripik kentang ini. Begitu memegang lembaran keripik kentang, tanganya langsung lengket. Terasa juga teksturnya begitu lembap.

Bukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di JepangBukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di Jepang Foto: Sora News 24

Masami mengatakan tekstur Nure Jaga mirip senbei basah. Keduanya dilapisi bumbu kecokelatan berbasis kecap asin. "Tapi Nure Jaga lebih tipis, tetap terlihat seperti keripik kentang pada umumnya," tulisnya.

Begitu digigit, tercecap tekstur unik dari keripik kentang basah ini. Bagian luarnya lembut dan juicy, semetara dalamnya renyah. Menurut Masami, ia belum pernah mencicipi keripik kentang seperti ini sebelumnya.

Ia juga menganggap kalau Nure Jaga sejatinya adalah produk yang bakal disukai semua orang. Rasa dan teksturnya begitu memuaskan selera.

Masami bahkan sampai terinspirasi membuat keripik kentang basah versinya sendiri. Ia menggunakan keripik kentang versi original dari Calbee.

Masami lalu menyiapkan bumbunya yang terdiri dari sake, soy sauce, dan gula yang dipanaskan. Rasionya 1:2:2. Larutan ini lalu dicampurkan saat hangat ke dalam sekantong keripik kentang.

Bukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di JepangBukan Garing Renyah! Kini Ada Keripik Kentang 'Basah' yang Hits di Jepang Foto: Sora News 24

Masami mendiamkannya selama beberapa menit. Sesekali ia mengaduk-aduknya dengan sumpit untuk memastikan semua keripik kentang terlapisi bumbu.

Setelah itu, ia memasukkan semangkuk keripik kentang ke microwave untuk dipanaskan sekitar 8 detik. Tujuannya agar keripik kentang lebih leleh dan lembut.

Terlihat tampilan keripik kentang basah buatannya dengan Nure Jaga terlihat sedikit berbeda, namun ia kaget karena rasanya tak jauh berbeda. Ia tak menyangka buatannya enak.



Simak Video "Kikugawa, Resto Legendaris dengan Rasa Autentik Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)