Hati-hati! Es Kopi Kekinian Bisa Jadi Haram Kalau Ada Bahan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 23 Apr 2022 16:30 WIB
Cara membuat es kopi susu pakai kopi instan
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sekilas es kopi terdengar sebagai minuman yang tidak mungkin haram, namun ternyata penambahan bahan tertentu bisa membuat es kopi haram. Mulai dari rum, Baileys, hingga Irish.

Es kopi dan es kopi susu kini masih menjadi tren minuman yang digemari. Variannya beragam dengan penambahan sirup perasa, essence, topping, hingga penggantian jenis kopi maupun susu yang dipakai.

Muslim penggemar es kopi perlu berhati-hati saat jajan minuman favoritnya. Ternyata ada kemungkinan es kopi haram, meski pada dasarnya kopi termasuk makanan halal.

Dian Widayanti, konten kreator yang fokus membahas makanan halal menjelaskan, hal ini dipengaruhi oleh penambahan perasa pada es kopi. Beberapa di antaranya adalah rum, Baileys, Kahlua, Irish, dan wine yang jelas mengandung alkohol.

Hati-hati! Es Kopi Kekinian Bisa Jadi Haram Kalau Ada Bahan IniPenggunaan Baileys dan Kahlua bisa membuat es kopi haram. Foto: Instagram dianwidayanti

Baileys sejatinya adalah minuman beralkohol yang dibuat dari whisky Irlandia, krim, gula, dan kakao. Sedangkan Kahlua adalah minuman beralkohol rasa kopi yang berasal dari Meksiko. Dibuat dari kopi Arabika dan vodka.

"Jadi yang haram malah bukan kopinya, tapi varian rasa yang ditambahkan," tulis Dian dalam unggahan Instagramnya (9/1/2022). detikfood mengutip informasi ini atas seizinnya.

Meski pembuat es kopi berdalih mereka hanya menggunakan essence saja, bukan alkohol sungguhan, nyatanya essence rum masih mungkin mengandung alkohol sungguhan. Jumlahnya bahkan bisa mencapai 45%.

Lagi pula, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan produk apapun yang menyerupai atau menggunakan nama makanan atau minuman yang diharamkan tetap saja bersifat haram. Termasuk pada rum, Baileys, Kahlua, Irish dalam bentuk essence atau sirup perasa.

"Rum halal itu nggak ada," tegas Dian dalam video terpisah (28/5/2021). Hal ini ia sampaikan mengingat beberapa gerai kopi kerap meyakinkan pelanggan muslim kalau mereka menggunakan rum halal.

Hati-hati! Es Kopi Kekinian Bisa Jadi Haram Kalau Ada Bahan IniEssence rum yang kerap dipakai pada es kopi susu kekinian masih mungkin mengandung alkohol. Foto: Instagram dianwidayanti

Ada dua kemungkinan soal klaim rum halal itu. Pertama, mereka memakai rum essence. Seperti dijelaskan sebelumnya, mau rum mengandung alkohol sungguhan atau tidak, tetap saja haram menurut MUI.

Kedua, mungkin gerai kopi itu menggunakan sirup aroma yang sebenarnya bukan rum sama sekali. "Tapi seringkali diklaim sebagai rum sama toko tersebut," kata Dian. Sirup perasa itu mungkin sudah mendapat sertifikat halal MUI, namun jelas namanya tidak ada unsur rum.

Dian pun menyarankan agar menghindari sama sekali coffee shop yang menjual menu rum. Ia menginformasikan ada beberapa coffee shop yang sudah halal menurut MUI sehingga bisa jadi pilihan muslim. Coffee shop itu antara lain Starbucks, Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Animo, dan Maxx Coffee.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)