Sedih! Gerobaknya Tertabrak Mobil, Penjual Tahu Tek Ini Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 Ribu

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 23 Apr 2022 19:00 WIB
Penjual Tahu Tek Ini Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 Ribu
Foto: TikTok @bils
Jakarta -

Seorang penjual tahu tek di Surabaya mengalami musibah. Gerobaknya ditabrak mobil dan hampir seluruh alat masaknya rusak, namun ia hanya mendapat ganti Rp 100 ribu.

Tahu tek merupakan makanan khas Jawa Timur, khususnya Surabaya. Banyak penjual tahu tek yang menjajakan makanan ini dengan berkeliling menggunakan gerobak.

Karena melintas di pinggir jalan, tentu ada saja risiko yang dialami. Seperti seorang penjual tahu tek bernama Mualimin. Gerobak yang ia bawa tak sengaja tertabrak mobil yang sedang melaju mundur. Alhasil seluruh isi gerobaknya tumpah berhamburan dan ada beberapa juga yang rusak.

Penjual Tahu Tek Ini Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 RibuPenjual Tahu Tek Ini Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 Ribu Foto: TikTok @bils

Kejadian ini diungkap oleh seorang netizen pengguna akun Tiktok @bils yang kebetulan berada di lokasi. Ia memperlihatkan kondisi gerobak milik Pak Mualimin. Bagian kaca gerobak pecah, demikian juga dengan wajan dan cobek yang tak bisa digunakan lagi karena rusak.

"Teruntuk Arek Suroboyo. Kronologi: jadi si bapak jualan tahu tek ini ga sengaja ditabrak karena posisi mobil mundur. Si Mba yang nabrak udah minta maaf. Dan awalnya ngasih ganti rugi 100 ribu," ujar wanita bernama Fabilia ini.

Karena melihat kerugiannya lebih dari Rp 100 ribu, akhirnya Fabilia meminta si penabrak ini menambahkan uang ganti rugi. Sampai akhirnya ditambah lagi menjadi Rp 250 ribu.

Bukan hanya gerobak dan alat masak saja yang rusak tetapi juga seluruh bahan baku untuk membuat tahu tek ini berantakan. Apalagi jualannya baru laku satu porsi.

"Mata bapaknya berkaca-kaca ga bisa bohong kalo dia lagi sedih banget karena dagangannya masih full dan rombongnya berantakan," lanjut Fabilia.

Menjadi saksi dari musibah ini, Fabilia tak mau tinggal diam. Ia membuka donasi bagi siapapun yang mau memberikan uang sumbangan untuk penjualan tahu tek ini.

Baru beberapa hari dibuka, ternyata banyak netizen yang memberikan sumbangan. Ketika dikonfirmasi Detikcom (22/4) Fabilia mengatakan uang sumbangannya terkumpul Rp 2.178.500. seluruhnya akan diberikan kepada Pak Mualimin.

Penjual Tahu Tek Ini Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 RibuPenjual Tahu Tek Ini Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 Ribu Foto: TikTok @bils

"Awalnya hanya diganti Rp 100 ribu, abis aku omong lagi baru ditambah Rp 150 ribu. Barang bapaknya banyak yang rusak, dia bilang nggak punya modal buat jualan besok," kata Fabilia.

Uang sumbangan ini pun sudah diberikan seluruhnya pada Pak Mualimin. Dengan mata berkaca-kaca, ia berulang kali mengucapkan terima kasih dan tidak menyangka kalau ada banyak orang yang membantu.

"Beneran ini mbak? Banyak sekali ini. Alhamdulillah. Terima kasih banyak, semoga berkah," ujar Pak Mualimin dalam video yang diunggah Fabilia. Ia juga mengajak netizen yang tinggal di Surabaya untuk melarisi dagangan tahu tek Pak Mualimin.



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)