Galopuong Ngango, Bola-bola Kenyal Isi Gula Merah yang Enak Buat Buka Puasa

Raja Adil Siregar - detikFood
Rabu, 20 Apr 2022 16:02 WIB
Galopuong Ngango, Bola-bola Kenyal Isi Gula Merah yang Enak Buat Buka Puasa
Foto: Instagram inenkcooking / afriadi86
Kampar -

Masyarakat Kampar, Riau punya takjil khas yang rasanya manis legit. Bernama galapuong ngango, kuliner ini berbentuk bola-bola kenyal dengan isian gula merah yang puaskan selera.

Galapuong mangango atau sering disebut galapuong ngango merupakan camilan klasik masyarakat Kampar yang kerap disajikan saat hari besar atau acara adat. Meski begitu, selama ramadan ini, masyarakat Kampar juga kerap membuat galapuong ngango.

Galapuong ngango berbentuk seperti bola-bola kecil dengan isian gula merah di bagian tengah. Camilan ini juga disajikan dengan taburan tepung dan santan yang merata di permukaannya.

Bahan pembuatan galapuong ngango tergolong sederhana yaitu tepung, gula, daun pandan, dan santan. Seluruh bahan ini diaduk dan dikukus sekitar 10 menit.

Setelahnya, galapuong ngango disajikan di mangkuk beralas daun pisang. Banyak orang menyukainya karena memiliki rasa manis legit dengan aroma pandan yang harum nikmat.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Riau Pekanbaru yang Populer dan Enak

Galopuong Ngango, Bola-bola Kenyal Isi Gula Merah yang Enak Buat Buka PuasaGalopuong Ngango, Bola-bola Kenyal Isi Gula Merah yang Enak Buat Buka Puasa Foto: Instagram inenkcooking / afriadi86

Di Kampar, masyarakatnya selalu menyajikan galapuong ngango saat acara Makan Bajambau. "Galopuong ini kuliner khas masyarakat di Kampar. Sekarang menjadi cemilan klasik masyarakat," cerita seorang warga, Ilham saat berbincang dengan detikSumut.

Selain galopuong mengango, ada pula galopuong ondam. Keduanya dibuat dengan bahan yang sama, hanya saja disajikan dalam bentuk bulat-bulat.

"Kalau galopuong ngango bentuknya bulat dan terbuka bagian atas, terlihat ada gula merahnya. Kalau ondam itu bulat-bulat dia dan direndam juga, penyajian yang beda. Ngango kalau bagi masyarakat di Kampar itu artinya menganga," kata Ilham.

Bagi Anda yang hendak mencicipi kuliner khas ini, cukup mudah. Anda hanya tinggal menyambangi toko-toko kuliner di sana. Camilan satu ini dijual dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu. Murah dan enak!

Baca Juga: Manis Legit Galopuong Ngango, Cemilan Khas Kampar untuk Berbuka Puasa



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)