ADVERTISEMENT

Apes! Beli Kornet Sudah Berjamur, Ternyata Setelah Ditukar Dapat yang Berjamur Juga

Devi Setya - detikFood
Minggu, 17 Apr 2022 14:00 WIB
Beli Kornet Sudah Berjamur
Foto: Instagram @sadfood
Jakarta -

Seorang wanita membagikan pengalamannya saat membeli kornet tetapi ia mendapat kornet yang kualitasnya buruk. Bagian dalam kornet sudah berjamur dan tak layak makan.

Kornet terbilang olahan daging yang bisa disimpan dalam waktu lama. Kemasan kornet dibuat kedap udara dengan sistem vakum sehingga meminimalisir pertumbuhan bakteri yang merusak makanan.

Namun bukan berarti bagian dalam kornet akan selalu baik. Kornet juga bisa rusak, basi dan berjamur ketika kemasannya penyok atau bocor. Hal ini dialami oleh wanita bernama Fionna.

Beli Kornet Sudah BerjamurBeli Kornet Sudah Berjamur Foto: Instagram @sadfood

Fionna membagikan pengalamannya soal kornet berjamur ini lewat akun Instagram @sadfood. Dalam curhatannya ini ia mengatakan baru membeli kornet lewat toko online. Namun ketika dibuka, ada pemandangan aneh pada permukaan kornet.


Tampak bagian atasnya berwarna kecoklatan dengan tekstur kasar mirip akar. Setelah dilihat dari dekat, ternyata ini adalah kumpulan jamur yang memenuhi kornet.

Fionna mengatakan dirinya ragu mengolah kornet ini karena kondisinya sudah berjamur. Sang nenek sempat mengatakan kalau kornet ini bisa dimakan asalkan bagian atasnya dibuang. Namun hal ini tidak dilakukan karena khawatir akan kesehatan.

"Apa ini masih bisa dimakan? Kata nenekku. Dibuang atasnya aja. Tapi aku kok ga berani ya," kata Fionna dalam unggahan foto yang sudah dikonfirmasi Detikcom (16/4).

Karena mendapatkan kornet dengan kualitas yang buruk, akhirnya Fionna meminta penggantian. Pihak toko pun menyanggupi untuk mengirim produk ganti sebagai permintaan maaf.

Selang beberapa hari, kornet ini pun sampai di rumah Fionna. Bukan kornet segar, ternyata produk ganti ini pun tak kalah buruk. Bagian dalamnya juga ditumbuhi jamur. Namun dengan tampilan jamur yang berbeda.

Beli Kornet Sudah BerjamurBeli Kornet Sudah Berjamur Foto: Instagram @sadfood

"Ga jadi senang. Baru mau dirayain buka kalengan lain tapi begini. Mestinya kemaren sekalian minta ganti aja kalau ada penyok meskipun sedikit. Ini mau minta ganti lagi udah males," lanjut Fionna.

Dari pengalaman ini Fionna dapat memetik pelajaran bahwa jangan pernah menerima produk makanan kalengan saat kemasannya rusak. Hal ini menjadi tanda kalau makanan di dalamnya juga akan rusak.

Dua kali mendapat kornet berjamur membuat Fionna kapok. Ia pun akhirnya tak jadi memasak kornet dan seluruhnya dibuang demi kesehatan. Kaleng makanan yang rusak menandakan ada udara yang masuk lewat celah kecil tak kasat mata. Celah inilah yang membuat bakteri bisa mudah berkembang biak.



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT