Siap Pecahkan Rekor Dunia! Satu Pohon Ini Berbuah 1.269 Tomat

Devi Setya - detikFood
Senin, 11 Apr 2022 10:30 WIB
Satu Pohon dengan Buah 1.269 Tomat
Foto: Oddity Central
Jakarta -

Dalam satu pohon biasanya hanya mampu menghasilkan beberapa buah tomat. Tapi sebuah pohon istimewa bisa menghasilkan hingga 1.269 tomat sekaligus. Keren!

Pohon tomat satu ini berhasil memecahkan rekor dunia. Ukuran pohonnya terbilang kecil tapi buah yang dihasilkan sangat luar biasa. Sekali tumbuh, pohon ini bisa menghasilkan ribuan buah tomat segar.

Mengutip Oddity Central (9/4), seorang petani asal Inggris siap memecahkan rekor dunia setelah berhasil menanam pohon tomat yang tak biasa. Douglas Smith memang punya sebuah pohon tomat kesayangan yang buahnya super banyak.

Satu Pohon dengan Buah 1.269 TomatSatu Pohon dengan Buah 1.269 Tomat Foto: Oddity Central

Awalnya pohon ini mampu menghasilkan 488 buah tomat dalam sekali waktu panen. Kemudian tahun lalu, pohon ini tumbuh dengan 839 buah tomat segar. Jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah pohon tomat.

Douglas menanam pohon ini di dalam rumah kaca. Pohon tomat dengan buah 839 ini kemudian mendapat rekor dunia sebagai pohon dengan buah terbanyak. Rekor ini hanya dipegang beberapa minggu saja.

Douglas yang berasal dari Hertfordshire ini kemudian mengalahkan rekor sebelumnya dengan pohon tomat yang memiliki 1.269 tomat dalam satu pohon. Ribuan buah tomat dalam satu pohon ini menjadikan siapapun takjub melihatnya.

Bisa dibilang Douglas Smith adalah seorang ahli hortikultura yang terobsesi dengan tanaman. Dia bisa menghabiskan hingga empat jam sehari di kebun belakang rumahnya untuk merawat tanaman.

Untuk memaksimalkan peluangnya memecahkan rekor dunia baru, Douglas Smith membaca berbagai makalah ilmiah dan bahkan mengambil sampel tanah untuk diuji di laboratorium.

"Tahun ini hanya dimaksudkan sebagai tahun percobaan untuk melihat varietas mana yang akan menghasilkan buah paling banyak. Tapi pada akhirnya saya kagum dengan buah tomat yang dihasilkan dari pohon ini," ujar Douglas.

"Tomat dibagi menjadi 10 kotak, dan 10 kotak ditempatkan di nampan. Setiap nampan berisi 100 tomat, " tambahnya.

Pohon ini sedang didaftarkan untuk memecahkan rekor dunia. Masih harus menunggu verifikasi dan pengujian hingga akhirnya pohon ini mendapat rekor sebagai penghasil buah tomat terbanyak di dunia.

Satu Pohon dengan Buah 1.269 TomatSatu Pohon dengan Buah 1.269 Tomat Foto: Oddity Central


Menanam 1.269 tomat dalam satu batang bukan satu-satunya pencapaian Douglas Smith. Pada tahun 2020, ia berhasil menanam bunga matahari setinggi 20 kaki atau sekitar 6 meter.

Kemudian ada juga sebuah tomat terbesar dengan berat 3,1 kilogram yang ditanam Douglas. Ia memang dikenal senang melakukan percobaan dengan tanaman sayuran di kebunnya.

Kini ia juga sedang melakukan uji coba untuk tanaman seperti kacang polong, terong dan kentang. Semua akan dibuat dalam ukuran jumbo sampai akhirnya bisa memecahkan rekor dunia.



Simak Video "Yuk Buat Brownies Tomat, Lezat dan Pasti Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)