Waduh! Setelah Tes DNA, Kentang Terbesar di Dunia Ternyata Bukan Kentang

Devi Setya - detikFood
Kamis, 17 Mar 2022 18:00 WIB
Doug, Kentang Terbesar Sedunia
Foto: (AP)
Jakarta -

Pasangan suami istri asal Selandia Baru mengklaim telah menemukan kentang terbesar di dunia dengan berat 7,9 kilogram. Ternyata setelah dilakukan tes DNA, umbi ini bukanlah kentang.

Pasangan bernama Colin dan Donna Craig-Brown beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan lantaran mereka mengklaim baru saja menemukan kentang terbesar di dunia. Pasangan ini secara tidak sengaja menemukan kentang raksasa ini ketika membersihkan kebun di halaman rumahnya.

Kentang dengan bobot 17,2 pon atau sekitar 7,9 kilogram ini kemudian didaftarkan lewat situs Guinness World Records untuk bisa mendapatkan gelar sebagai kentang terbesar di dunia. Pihak Guinness World Records tentu saja tidak sembarangan memberikan label rekor dunia.

Doug, Kentang Terbesar SeduniaKentang Terbesar Sedunia Foto: (AP)

Diperlukan beberapa langkah sebelum mengesahkan pemecahan rekor dunia. Termasuk untuk kentang raksasa yang diketahui diberi nama Dug the Potato ini.

Dilansir dari Food and Wine (17/3) kentang raksasa ini harus melalui uji tes DNA untuk mengetahui jenis kentang tersebut. Potongan kentang ini dibawa ke laboratorium untuk dilakukan serangkaian tes DNA. Para peneliti di Science and Advice for Scottish Agriculture (SASA) kemudian menganalisis DNA dan genetik dari kentang tersebut.


Hasil pengujian kentang baru saja keluar belum lama ini. Ternyata, Dug sama sekali bukan kentang.

Menurut Associated Press, Guinness mengirim email yang cukup menghancurkan hati Colin dan Donna Craig-Brown karena mengumumkan bahwa kentang temuan mereka sebenarnya bukanlah kentang.

"Sayangnya spesimen itu bukan kentang, dan sebenarnya umbi itu sejenis labu," tulis pihak Guinness World Records. "Untuk alasan ini kami sayangnya harus mendiskualifikasi umbi ini."

Colin Craig-Brown mengatakan tidak ada yang bisa mereka lakukan, selain menerima hasilnya. "Apa yang bisa kamu katakan? Kami tidak bisa mengatakan kami tidak percaya, karena kami memberi mereka (kentang) untuk tes DNA."

Dalam sebuah wawancara dengan Stuff.co.nz, Colin Craig-Brown mengatakan bahwa dia masih mencoba mencari tahu bagaimana umbi ini bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Ia juga sempat berspekulasi bahwa Dug ini adalah hasil persilangan antara labu dan mentimun.

Colin juga mengatakan dirinya sempat mencicip umbi ini dan mengatakan rasanya seperti kentang. Demikian pula tampilannya yang mirip kentang meskipun memiliki beberapa lengkungan.

"Jika ia bersuara seperti bebek, berenang seperti bebek dan memiliki bulu di atasnya, maka itu pasti bebek," kata Colin. "Tapi nah, yang ini ternyata kalkun." Colin mengaku kecewa meskipun pada akhirnya ia menerima dengan ikhlas bahwa temuannya bukanlah kentang terbesar yang bisa mendapatkan rekor dunia.

Doug, Kentang Terbesar SeduniaKentang Terbesar Sedunia Foto: (AP)

Saat ini rekor untuk kentang terbesar di dunia masih dipegang oleh Peter Glazebrook. Petani sayuran asal Nottinghamshire yang telah memegang Guinness World Records untuk Kentang Terbesar di Dunia selama lebih dari satu dekade. Tak hanya kentang, pria berusia 76 tahun ini juga mengantongi lebih dari 15 rekor dunia untuk sayuran terbesar di dunia.

Menurut The Guardian, Glazebrook memiliki rekor untuk wortel, kembang kol, bawang, dan tomat terbesar di dunia. Dia sebelumnya juga menanam labu, tetapi menyerah karena labu raksasa yang paling besar dianggap terlalu sulit untuk dikelola.



Simak Video "Tips Bikin Kentang Ongklok Keju, Cocok Buat Pelengkap Steak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)