Wow! Sebutir Lemon Raksasa Ini Beratnya Hampir 2 Kilogram

Devi Setya - detikFood
Rabu, 30 Mar 2022 13:30 WIB
Lemon raksasa
Foto: daily mail
Jakarta -

Seorang baker di Inggris terpana melihat sebutir lemon berukuran super besar. Lemon dengan berat 1,8 kilogram ini akhirnya diolah menjadi selai, campuran kue dan koktail buah.

Lemon biasa dijadikan campuran dalam berbagai makanan. Buah jeruk berkulit kuning ini umumnya memiliki ukuran kecil, tapi ada lemon spesial yang ukurannya jumbo.

Sebutir lemon raksasa ditemukan secara tidak sengaja oleh wanita bernama Tammy Warren. Tammy yang juga seorang baker ini melihat sebutir lemon dijual di pasar. Lemon ini berukuran jumbo dan terlihat mencolok dibandingkan lemon pada umumnya.

Lemon raksasaLemon raksasa Foto: daily mail

Dilansir dari Daily Mail (29/3) Tammy membeli lemon raksasa ini di sebuah kios penjual sayuran dan buah di Lackham Farm di Chippenham, Inggris. Lemon dengan berat 1,8 kilogram ini dibeli dengan harga £3,8 atau setara Rp 71 ribu.

"Ini lemon terbesar yang pernah saya lihat dalam hidup saya, saya pikir lemon itu bisa membuat kue yang enak. Ini lebih besar dari kepala (bayi saya)," ujar Tammy.

Sebelum menggunakan lemon ini sebagai campuran makanan, Tammy lebih dulu mengukur diameter lemon dan menimbangnya. Lemon raksasa ini memiliki diameter 61 sentimeter. Ukurannya diperkirakan 17 kali lebih besar dibandingkan lemon biasa.

"Saya akan membuat banyak makanan dari lemon ini. Ada kue dengan perasan lemon, manisan kulit lemon, campuran minuman koktail dan lainnya," ujar Tammy.

Lemon ini ternyata berasal dari pohon yang juga pernah menghasilkan lemon jumbo pada tahun 1989. Lemon dengan berat 10 pon atau setara 4,5 kilogram ini berhasil memecahkan rekor dunia.

Bukan hanya besar, lemon ini juga memiliki aroma yang harum. Bahkan Tammy mengatakan tangannya langsung harum saat memegang lemon ini. "Setelah kamu memegangnya, tangan akan langsung harum. Baunya enak," ujar Tammy.

Lemon raksasaLemon raksasa Foto: daily mail

Setelah menggunakan lemon ini, Tammy berencana menanam biji lemon dan berharap bisa tumbuh dan menghasilkan lemon jumbo lagi. "Kami akan menyimpan benihnya dan menanamnya sendiri."

Lemon ini diketahui berasal dari pohon yang tumbuh di halaman kampus Wiltshire College & University Centre di Lackham. Seorang petani mengatakan senang jika lemon ukuran jumbo disukai banyak orang.

Sebelumnya pernah ada lemon raksasa seberat 4 kilogram yang tumbuh di California tahun 2013 lalu. Lemon ini tumbuh di pekarangan rumah warga dan sempat mencuri perhatian publik. Karena ukurannya super besar, lemon ini justru merusak lemon lain dalam satu pohon yang sama.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Menu Ayam Lemon Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)