Saat Buka Puasa, Ikuti Azan Magrib di TV atau Masjid Sekitar?

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 10 Apr 2022 16:00 WIB
Patokan buka puasa pakai azan Maghrib di TV atau di masjid
Foto: iStock
Jakarta -

Azan magrib jadi penanda umat muslim untuk berbuka puasa. Lantas azan magrib mana yang boleh dijadikan patokan, azan di TV atau di masjid dekat rumah?

Berpuasa adalah ibadah umat muslim dengan menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Jadi, waktu berbuka puasa sebenarnya adalah ketika matahari terbenam.

Kondisi matahari terbenam itu bertepatan dengan waktu salat magrib, sehingga azan magrib pun sering jadi penanda bagi umat muslim untuk berbuka puasa.

Namun, muncul pertanyaan azan magrib manakah yang seharusnya dijadikan patokan untuk berbuka puasa? Apa azan Maghrib yang disiarkan di media elektronik seperti TV dan radio atau di masjid sekitar rumah?

Baca Juga: Ada Singapore Chili Crab hingga Jenahak Pedas untuk Buka Puasa di Restoran Ini

Patokan buka puasa pakai azan Maghrib di TV atau di masjidPatokan buka puasa pakai azan Maghrib di TV atau di masjid Foto: iStock

Dikutip dari NU Online, muslim harus berupaya untuk mencari informasi tentang kedatangan waktu magrib. Jadi, tidak boleh asal menduga-duga waktu magrib yang berkaitan dengan buka puasa.

Seperti yang dijelaskan dalam Beirut, Darul Makrifa:

"Adapun tanpa berdasarkan ijtihad, maka seseorang tidak boleh berbuka puasa meski dengan dugaan karena pada prinsipnya waktu siang masih berjalan,".

"Sedangkan qiyas ijtihad sebagai sandaran buka puasa dimungkinkan sebagaimana kebolehan kabar seorang yang adil atas tenggelamnya matahari berdasarkan kesaksiannya," (Beirut, Darul Makrifah: 1997 M/1418 H).

Sementara itu, bagaimana status azan magrib di bulan suci ramadan yang diputar di berbagai media elektronik seperti TV dan radio?

Baca Juga: Mau Buka Puasa di Tebet? Ini 5 Restoran dengan Menu Sunda dan Serba Iga

Patokan buka puasa pakai azan Maghrib di TV atau di masjidPatokan buka puasa pakai azan Maghrib di TV atau di masjid Foto: iStock

Azan magrib yang diputar di media elektronik itu dibuat berdasarkan jadwal imsakiyah dan waktu salat yang dimiliki masyarakat. Jadwal imsakiyah dan salat sendiri diatur berdasarkan perhitungan astronomis.

Jadi, seorang muslim yang berpuasa boleh berpatokan dengan azan Maghrib yang diputar di TV atau radio. Namun, sebaiknya menunggu sejenak dengan memastikan waktu magrib. Coba pantau azan magrib yang disiarkan stasiun-stasiun TV lainnya.

Atau bisa juga dengan memastikan menggunakan jam dinding dan jadwal salat dan imsakiyah. Yang jelas, pastikan bahwa kondisi matahari sudah terbenam sempurna.

Baca Juga: 10 Resep Sayuran Khas Jawa yang Sedap Bumbunya untuk Lauk Buka Puasa



Simak Video "Menjajal Pilihan Menu Bukber Nikmat di Sawaregmoe Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)