Takjil Enak

Lakso hingga Es Kacang Merah, 5 Sajian Buka Puasa Khas Palembang

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Apr 2022 17:30 WIB
es kacang merah Foto: iStock
FOKUS BERITA Takjil Enak
Jakarta -

Setiap daerah memiliki menu buka puasa khas yang menggoda. Seperti halnya Palembang yang punya hidangan buka puasa mulai dari lakso, tekwan hingga es kacang merah yang manis segar.

Letak geografis Palembang yang dilintasi Sungai Musi membuat aneka hidangan khasnya banyak terbuat dari ikan. Termasuk deretan menu buka puasa uang yang populer saat bulan Ramadan tiba.

Masyarakat Palembang sangat senang menyantap ragam hidangan gurih sebagai pilihan menu buka puasa. Bukan hanya pempek saja, ada banyak pilihan menu buka puasa yang dijamin rasanya menggoda selera.

Jika ingin makan yang gurih sedap, kamu bisa memilih lakso. Olahan daging ikan yang dibentuk seperti mie lalu disajikan dengan guyuran kuah santan berwarna kuning. Atau jika ingin yang segar ada tekwan yang gurih dengan kuah bening yang asin mantap. Dan tak ketinggalan ada juga es kacang merah yang siap melepas dahaga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa menu buka puasa khas Palembang:

1. Lakso


Ketika bulan Ramadan tiba, penjual lakso bisa dengan mudah dijumpai jelang waktu berbuka di Palembang. Ya, lakso adalah salah satu menu buka puasa yang banyak diburu masyarakat untuk dijadikan takjil.

Melihat lakso sekilas akan tampak seperti udon dengan ukuran yang lebih besar. Lakso sebenarnya adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan ikan yang diuleni dengan air. Adonan ini kemudian dicetak hingga berbentuk seperti mie.

Lakso disajikan dengan kuah kuning yang terbuat dari santan dan aneka bumbu khas. Penyajiannya hangat disertai dengan taburan bawang goreng dan cabai rawit.

Resep Mie Celor PalembangMie Celor Palembang Foto: iStock

2. Celimpungan

Untuk kamu yang bosan makan pempek khas Palembang, cobalah cicip celimpungan. Makanan ini juga terbuat dari bahan baku daging ikan dan tepung yang dibentuk bulat.

Celimpungan direbus hingga matang lalu disajikan dengan kuah kuning mirip gulai. Kuah yang mengandung santan ini tidak pedas karena tidak diberi cabai. Celimpungan paling enak dinikmati hangat. Rasanya yang gurih dan bertekstur kenyal menjadikan menu ini disukai banyak orang.

3. Mie Celor

Mau buka puasa dengan menu mie khas Palembang? Mie celor tentu tak boleh terlewatkan. Hidangan mie gurih dengan kuah kaldu udang ini bisa jadi pilihan tepat menu berbuka puasa.

Racikan mie celor terdiri dari mie kuning, telur rebus, tauge yang kemudian diguyur kaldu udang super gurih. Kaldu udang kental ini dibuat dengan tambahan ebi sehingga rasa dan aromanya semakin menggoda. Tidak sulit menemukan mie celor enak di Palembang. Salah satunya di kedai Mie Celor 26 Ilir Hm. Syafei.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berburu Menu Buka Puasa di Kawasan Kuliner BKT"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Takjil Enak
FOKUS BERITA Takjil Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com