5 Minuman Buka Puasa yang Cocok untuk Pelaku Diet

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 07 Apr 2022 16:00 WIB
Minuman buka puasa untuk pelaku diet
Foto: iStock
Jakarta -

Berpuasa bisa jadi momen untuk menurunkan berat badan, tapi harus tetap diniatkan untuk beribadah. Beberapa minuman sehat ini cocok jadi menu buka puasa pelaku diet.

Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, berpuasa juga memiliki banyak manfaat karena berkaitan dengan pola makan harian. Terbatasnya waktu makan ini bisa jadi momen untuk menurunkan berat badan.

Namun, itu juga tergantung dengan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Bagi pelaku diet, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih.

Tak selamanya minuman tanpa gula tidak menyegarkan. Beberapa minuman sehat ini tetap nikmati dan bisa melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Dilansir dari Okadoc dan sumber lainnya, berikut 5 minuman buka puasa yang cocok untuk pelaku diet:

1. Air Kelapa

Ketika berpuasa seharian, pasti tak sedikit yang mengalami dehidrasi. Saat waktu berbuka, minum air kelapa bisa jadi pilihan yang ideal. Selain menyegarkan ada banyak manfaat kesehatan.

Kandungan dalam air kelapa tidak ada aditif buatan, sepenuhnya organik dan alami. Air kelapa juga memiliki banyak elektrolit, vitamin dan mineral yang bagus untuk menghidrasi tubuh.

Buka puasa dengan air kelapa juga cocok untuk pelaku diet karena tidak akan meningkatkan kadar gula dan insulin. Asalkan air kelapa diminum tanpa mencampurkan gula tambahan.

Baca Juga: Menu Harian Ramadan ke-2: Hangatnya Sup Kimlo dan Sate Ayam untuk Sahur dan Buka

2. Susu Kurma

Minuman buka puasa untuk pelaku dietSusu kurma merupakan salah satu minuman buka puasa untuk pelaku diet Foto: iStock

Kurma tidak hanya dapat dimakan langsung, tetapi juga bisa dibuat menjadi susu yang menyehatkan. Susu kurma cocok jadi menu buka puasa bagi pelaku diet.

Cara membuatnya mudah, cukup blender susu dan kurma yang sudah disisihkan dari bijinya. Kemudian, tambahkan madu lalu aduk baru setelahnya disaring ke dalam gelas.

Untuk pelaku diet, kamu dapat memilih susu nabati yang lebih rendah kalori. Selain bagus untuk diet, susu kurma ini juga bisa menyehatkan jantung, tulang dan gigi.



Simak Video "Dingin Segar! 5 Minuman Ini Bisa Jadi Inspirasi untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]