Takjil Enak

Selain Pasar Takjil, Ini 5 Tempat Jajan Makanan Murah Enak untuk Buka Puasa

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 07 Apr 2022 12:00 WIB
Salah satu kegiatan seru pada bulan Ramadan adalah berburu takjil. Salah satu tempat yang selalu ramai oleh pemburu takjil adalah Pasar Lama Tangerang.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kalau ingin cari tempat kulineran baru untuk berburu takjil dan aneka makanan untuk berbuka puasa, ada banyak wilayah kaki lima yang menawarkan puluhan jenis makanan murah. Cek rekomendasinya.

Bulan puasa, paling asyik ngabuburit di sore hari dengan keliling tempat jajanan. Kamu bisa cari gorengan sampai takjil untuk berbuka puasa. Kalau jauh dari pasar takjil, kini banyak wisata kuliner kaki lima yang bisa dijadikan alternatif.

Makanan di pusat kuliner kaki lima ini harganya juga tak kalah murah dari jajanan di pasar takjil. Malah pilihan makanannya lebih banyak. Mulai dari camilan, makanan manis, sampai makanan berat untuk menu berbuka puasa di rumah.

Berikut 5 rekomendasi wisata kuliner kaki lima yang bisa dijadikan tempat jajan untuk buka puasa:

Baca Juga: 5 Gerai Kuliner di Tegal Parang yang Murah Meriah, Harganya Mulai Rp 6.000" selengkapnya


1. Tegal Parang

Bawa Duit Rp 5 Ribu Bisa Makan Bakso hingga Jajan Bubble Tea Kekinian di Tegal ParangBawa Duit Rp 5 Ribu Bisa Makan Bakso hingga Jajan Bubble Tea Kekinian di Tegal Parang Foto: detikFood

Tegal Parang merupakan wilayah perbatasan antara Mampang dan Pancoran di Jakarta Selatan. Dua wilayah ini dipenuhi dengan pemukiman yang cukup padat dan diapit oleh gedung-gedung perkantoran hingga hotel di sekelilingnya.

Tak heran di sepanjang jalanan Tegal Parang, kamu akan disuguhkan dengan puluhan bahkan ratusan pedagang makanan, tempat makan, warung makan, dan jajanan kaki lima yang enak dan murah meriah.

Dengan budget Rp 5.000 misalnya, kamu sudah bisa jajan tahu krispi pedas, bakso porsi hemat dilengkapi sayur, minuman boba milktea yang murah tapi enak, sampai aneka gorengan kecil seperti comro hingga onde-onde.

2. PSB Pegangsaan

Pusat Jajanan PSB Kelapa GadingPusat Jajanan PSB Kelapa Gading Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Terbilang baru di antara wisata kuliner kaki lima yang murah meriah lainnya, di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, spot jajanan murah di PSB Penggangsaan ini sedang diincar banyak orang. Setelah nama tempat ini viral dipopulerkan lewat TikTok hingga YouTube.

Mirip seperti tempat jajanan kaki lima lainnya, ada puluhan penjaja makanan yang memenuhi area ini dari sore hari sampai tengah malam.

Mulai dari kue pancong lumer harga Rp 5.000. Kemudian ada es buah segar yang bisa diambil sendiri sepuasnya. Sementara kalau lapar dan ingin makan pedas, bisa coba Ayam Penyet Mendesah yang bikin bibir tersengat pedasnya sambal.

3. Pasar Lama Tangerang

Salah satu kegiatan seru pada bulan Ramadan adalah berburu takjil. Salah satu tempat yang selalu ramai oleh 'pemburu' takjil adalah Pasar Lama Tangerang.Salah satu kegiatan seru pada bulan Ramadan adalah berburu takjil. Salah satu tempat yang selalu ramai oleh 'pemburu' takjil adalah Pasar Lama Tangerang. Foto: Grandyos Zafna

Penuh dengan jajanan viral yang diantre orang-orang sampai berjam-jam, wilayah Pasar Lama Tangerang atau Jalan Kisamaun ini memang paling viral di antara spot kuliner kaki lima lainnya.

Dari ujung ke ujung jalan, kamu akan dibuat bingung dengan beragam pilihan makanan enak dan murah meriah yang hanya bisa ditemukan di sana. Seperti pancake viral ala Jepang yang bisa membuat pelanggannya antre 3-4 jam.

Kemudian ada aneka jajanan ala Korean Street Food, ada sate ayam legendaris berusia puluhan tahun, pentol, cilor, sampai kuliner ekstrem seperti sate ular kobra. Semuanya ada di sini. Kisaran harga makanannya mulai dari Rp 5.000 saja.