5 Adab Berbuka Puasa sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 11:30 WIB
Adab berbuka puasa
Foto: iStock
Jakarta -

Ada banyak keberkahan dari berbuka puasa. Karenanya perhatian beberapa adab berbuka puasa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT mengatakan bahwa sesungguhnya orang yang puasa itu akan aku hadiahi dua kegembiraan. Pertama kegembiraan saat berbuka puasa dan yang kedua saat bertemu dengan Tuhannya di surga.

Hal tersebut pernah dijelaskan oleh Ustaz Khalid Basalamah dalam channel YouTubenya (05/05/21). Ustaz Khalid mengatakan bahwa Allah SWT akan memberikan keberkahan di waktu berbuka.

Karenanya ketika berbuka puasa ada adab-adab yang harus diperhatikan. Adab berbuka itu sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Sebab jika tidak dilakukan bisa jadi kehilangan pahala.

Berikut adab berbuka puasa sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW:

1. Kontrol Ego dan Sifat Tamak

Adab berbuka puasaAdab berbuka puasa jangan makan berlebihan Foto: iStock

Ustaz Khalid Basalamah mengatakan bahwa penting untuk mengontrol ego dan sifat tamak. Maksudnya adalah ketika berbuka puasa janganlah dijadikan ajang balas dendam.

"Sesuai dengan hadis Nabi 'tidak ada wadah yang lebih buruk yang diisi oleh anak Adam dibandingkan perutnya. Ini bukan ajang balas dendam," ujar Ustaz Khalid Basalamah.

Baca Juga: Bolehkah Meneruskan Makan Sahur Saat Azan Subuh Sudah Terdengar?

2. Makan Kurma

Adab berbuka puasaAdab berbuka puasa adalah mengonsumsi kurma Foto: iStock

Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa adalah dengan memakan ruthob atau kurma basah. Namun, kalau tidak ada bisa diganti kurma biasa atau jika tidak ada dengan air putih.

"Sangat dianjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma dulu baru air. Walaupun dalam kondisi haus. Dan ini sebaik-baiknya berbuka puasa adalah makan kurma," ujarnya.



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]