Nonton Youtube Jadi Trik Orangtua Saat Beri Makanan Sehat untuk Anak

Devi Setya - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 11:00 WIB
anak makan sayuran
Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orangtua memiliki tips dan trik agar anaknya mau makan makanan sehat. Ternyata tayangan youtube menjadi salah satu solusi agar anak mau makan makanan sehat.

Selera makan anak-anak memang unik, ada yang doyan makanan sehat seperti sayuran dan buah, namun tak sedikit yang menolak makanan sehat. Salah satu solusi yang diterapkan orangtua adalah dengan membujuk lewat tayangan youtube dan cokelat.

Dilansir dari Daily Express (2/4) sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.000 ibu dan ayah, dari anak-anak berusia 3-12 tahun, menunjukkan bahwa tujuh dari sepuluh orangtua menyembunyikan makanan sehat pada santapan anaknya. Hal ini dilakukan rata-rata tiga kali dalam seminggu.

Anak tidak suka makan sayur.Anak tidak suka makan sayur. Foto: thinkstock

Selain menjadikan YouTube sebagai iming-iming agar anak mau makan makanan sehat, para orangtua juga membujuk anak dengan makanan manis. Sebanyak 83 persen orangtua akan menghadiahi camilan manis jika anak mau makan makanan sehat. Ada juga 18 persen orangtua yang memberikan handphone sebagai mainan dan 14 persen orangtua akan mengundang teman-teman anaknya untuk bermain demi anak mau makan sayuran dan buah.

Dari survei yang dilakukan ini, sebagian besar imbalan ini dianggap selalu berhasil membuat anak-anak makan makanan sehat. Meskipun ada beberapa anak yang akhirnya menemukan sayuran uang yang disembunyikan dalam makanan mereka.

Penelitian ini dilakukan oleh Dolmio, sebuah perusahaan produsen saus pasta vegetarian. Tujuan dari survei ini adalah untuk melihat seberapa besar minat anak pada makanan sehat.

Setiap orangtua pasti senang jika anak-anak mereka mau makan sayuran tanpa adanya drama penolakan. Sayuran dan buah yang biasa sulit dimakan anak-anak antara lain wortel, apel dan buncis.

"Kami tahu banyak orang tua yang ingin menyediakan makanan sehat, tetapi itu tidak selalu mudah karena anak sering menolak. Sangat menarik untuk melihat berapa banyak ibu dan ayah yang menyembunyikan bahan-bahan sehat dalam makanan sebagai cara untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan," ujar Sian Dixon dari Dolmio.

Child is eating vegetables. He is very happy.Anak makan sayuran Foto: iStock

Penelitian yang dilakukan melalui OnePoll ini juga menemukan fakta kalau anak-anak mulai rewel dengan makanan mereka pada usia lima tahun. Jenis sayuran menjadi makanan yang paling sulit disukai anak-anak. Selain itu, beberapa jenis kacang-kacangan hingga ikan juga menjadi makanan yang tidak disukai anak-anak.

Lebih dari 68 persen orangtua memilih menghindari masak makanan favorit mereka demi mengikuti selera anak. Kemudian ada 36 persen anak yang memilih menu makanannya sendiri, dan 30 persen anak memilih untuk rewel saat diberi makanan sehat.

Selain menjadikan tayangan youtube sebagai iming-iming agar anak mau makan makanan sehat. Ada juga para orangtua yang memberikan cokelat, permen, puding sebagai hadiah ketika anak mau makan banyak sayuran dan buah. Hal ini sah saja dilakukan asalkan makanan manis yang diberikan masih sesuai porsi yang disarankan.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)