Contek Resep Ayam Suwir Bumbu Bali dari Nindy Ayunda untuk Menu Ramadan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 11:30 WIB
Contek Resep Ayam Suwir Bumbu Bali dari Nindy Ayunda untuk Menu Ramadan
Foto: YouTube Nindy Ayunda
Jakarta -

Penyanyi Nindy Ayunda dikenal hobi masak. Baru-baru ini ia membagikan resep ayam suwir bumbu bali yang bisa jadi inspirasi menu ramadan. Yuk, simak!

Melalui channel YouTube Nindy Ayunda (30/3/2022), penyanyi 33 tahun ini menunjukkan keahliannya memasak. Ia ditemani anak sulungnya yang akrab disapa Mas Abi saat berkreasi di dapur.

Bahan utamanya ayam rebus yang sudah diungkep dan disuwir-suwir. Nindy memilih bagian dada yang teksturnya 'meaty' dan tinggi protein.

Kemudian ada bumbu yang diulek kasar. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, kunyit, terasi, kemiri, tomat, dan cabai rawit.

Pertama, panaskan minyak di wajan dan masukkan bumbu. Tumis hingga harum. "Kasih kunyitnya sedikit supaya berasa Balinese-nya," kata Nindy.

Contek Resep Ayam Suwir Bumbu Bali dari Nindy Ayunda untuk Menu RamadanBumbu halus untuk membuat ayam suwir bali ala Nindy Ayunda. Foto: YouTube Nindy Ayunda

Setelah itu masukkan daun jeruk dan sereh agar bumbunya makin wangi aromatik. "Wanginya enak banget. Wanginya seperti Bali banget," katanya saat asyik menumis bumbu bersama Mas Abi.

Selanjutnya, masukan kaldu jamur dan kaldu blok untuk memperkuat rasa makanan. Tambahkan sedikit garam. Aduk hingga rata sampai semua bumbu mengeluarkan aroma sedap.

"Sekarang kita masukkin ayam suwirnya," lanjut penyanyi yang juga jadi ikon fashion ini. Ia terlihat mencampur ayam suwir dan bumbu yang sudah ditumis sampai benar-benar rata.

Contek Resep Ayam Suwir Bumbu Bali dari Nindy Ayunda untuk Menu RamadanProses mencampur suwiran ayam rebus dengan bumbu bali. Foto: YouTube Nindy Ayunda

Terakhir, koreksi rasa. Jika kurang gurih, bisa ditambahkan kaldu jamur dan garam. Nindy juga menyarankan penambahan minyak lagi kalau ayam suwirnya terlalu kering.

Ibu dua anak ini melanjutkan, "Terus kita masukkin jeruk nipis, diperas." Ayam suwir bumbu bali pun siap disantap dengan nasi hangat. Menurut Nindy, membuat menu ini praktis dan gampang. Rasanya juga enak.

Banyak netizen terinspirasi dengan resep ini. Tak sedikit juga yang mau coba memasaknya segera dan meminta Nindy agar membagikan resep-resep praktis dan enak lainnya.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)