Masakan Rumahan

5 Tips Bikin Kaldu Ayam dan Kaldu Sapi Buat Stok Puasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 11:00 WIB
5 Tips Bikin Kaldu Ayam dan Kaldu Sapi Buat Stok Puasa
Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan
Jakarta -

Masak dengan cepat membutuhkan trik. Untuk kaldu, kamu bisa membuat stok kaldu ayam maupun kaldu sapi dengan tips ini. Dijamin waktu masak bakal lebih cepat!

Kaldu banyak diperlukan saat masak. Kaldu merupakan larutan saripati daging dan lemak yang direbus lama dalam air. Penggunaannya yang paling umum adalah sebagai kuah sup atau bakso.

Selain itu, kaldu sebenarnya juga bisa dipakai dalam pembuatan saus hingga pemberi rasa gurih alami pada tumisan. Sayangnya membuat kaldu tergolong lama karena daging atau tulang perlu direbus dengan api kecil selama berjam-jam.

Supaya kaldu bisa siap dalam waktu singkat, tak ada salahnya jika kamu membuat stok lebih dulu. Stok kaldu tentunya sangat berguna selama puasa sebulan ke depan.

Tak asal merebus daging atau tulang saja, membuat kaldu ayam ataupun sapi ada triknya. Mulai dari menggunakan bagian yang tepat hingga teknik membekukannya di freezer.

Ini dia 7 tips bikin kaldu ayam dan kaldu sapi:

1. Bisa pakai berbagai bagian daging dan tulang

Saat ingin buat kaldu, kamu bisa memanfaatkan berbagai bagian daging dan tulang. Pada ayam, bisa gunakan seekor ayam utuh atau beberapa bagian saja. Penggunaan dada ayam, misalnya, bakal menghasilkan rasa rasa paling kuat dan bening airnya.

Kalau ada tulang ayam seperti ceker dan leher juga bisa dipakai. Bagian ini tak kalah enak karena mengandung paling banyak tulang rawan dan kolagen yang bakal keluar ketika direbus lama. Bonusnya, harga bagian ini lebih murah

Untuk kaldu sapi bisa memakai tulang kaki sapi yang umum dijual di pasar-pasar tradisional dalam bentuk potongan besar. Bagian ini mengandung sumsum yang bisa membuat kaldu jadi lebih gurih alami.

Kalau mau yang rasa gurihnya lebih nendang bisa memakai tetelan daging sapi dengan potongan lemak. Namun hindari pakai lemak terlalu banyak karena kaldu bisa terlalu gurih dan berminyak.

2. Rebus dengan api kecil

5 Tips Bikin Kaldu Ayam dan Kaldu Sapi Buat Stok PuasaMerebus kaldu disarankan menggunakan api kecil agar hasilnya nanti bening. Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan

Untuk membuat kaldu, rebus air secukupnya hingga mendidih lalu masukkan potongan daging dan lemak. Angkat kotoran dan busa yang ada di permukaan kaldu. Selanjutnya didihkan terus menggunakan api kecil hingga kaldu bening dan gurih rasanya.

Kunci dari merebus kaldu adalah menggunakan api kecil (simmer). Teknik ini memungkinkan kaldu yang dihasilkan tidak keruh. Kamu juga bisa menambahkan garam saat merebus kaldu. Homesteading Family (1/4/2022) menyarankan agar garam ditambahkan saat awal merebus, bukan di akhir ketika kaldu sudah jadi.

Cara ini memungkinkan rasa kaldu lebih kuat dibanding menaruh garam di akhir karena rasanya tidak bakal menonjol.