ADVERTISEMENT

Masakan Rumahan

5 Tips Gorengan Renyah Tahan Lama yang Enak Buat Buka Puasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 03 Apr 2022 15:00 WIB
Ini 5 Alasan Mengapa Gorengan Berbahaya Dikonsumsi
Foto: iStock
Jakarta -

Buka puasa paling enak dengan gorengan bikinan sendiri. Ada tips untuk membuat gorengan renyah lebih lama. Simak yuk!

Gorengan bakwan, tempe, tahu, hingga risol jadi menu buka puasa favorit. Tak melulu beli, kamu bisa menikmati gorengan yang lebih sehat dengan membuatnya sendiri di rumah.

Hasilnya tak kalah enak seperti buatan penjual gorengan yang renyahnya bertahan lama. Ternyata ada tips untuk mendapatkan hasil gorengan yang sempurna itu

Ini dia 5 tips gorengan renyah lebih lama:

1. Campur tepung beras dan soda kue

Tepung terigu umum dipakai untuk membuat gorengan, namun penggunaan tepung ini saja kurang untuk menghasilkan gorengan renyah. Kamu bisa mencampurkan tepung beras ke dalamnya dengan komposisi 3:1 yaitu 3 bagian untuk tepung terigu dan 1 bagian untuk tepung beras.

Beberapa orang juga pilih mencampur adonan tepung kering dengan soda kue agar gorengan renyah lebih lama. Pastikan mencampur adonan ini dengan air es atau air bersuhu normal. Jangan pakai air hangat atau panas karena nanti gorengan malah lembek. Selain itu, hindari mengaduk-aduk adonan terlalu lama agar fungsi soda kue jadi kurang.

2. Iris bahan tipis-tipis

Mengiris tempe tipis-tipis bisa jadi trik membuat gorengan renyah lebih tahan lama.Mengiris tempe tipis-tipis bisa jadi trik membuat gorengan renyah lebih tahan lama. Foto: Getty Images/iStockphoto/PicturePartners

Tips gorengan renyah lebih lama selanjutnya adalah mengiris bahan tipis-tipis seperti tempe, tahu, dan pisang. Lalu untuk bakwan, bisa mencetak adonannya tak terlalu banyak.

Cara ini memastikan gorengan bisa renyah lebih cepat dan sempurna. Jika memakai lapisan tepung sebaiknya jangan terlalu tebal. Agar gorengan kering renyah.

3. Pakai minyak cukup panas

Minyak untuk membuat gorengan sebaiknya berjumlah banyak dan memiliki titik asap tinggi karena cocok untuk teknik 'deep frying'. Masukkan adonan gorengan saat minyak sudah cukup panas. Kira-kira suhunya 162-204 Celsius.

Untuk cara mudah mengetahuinya adalah dengan mencelupkan alat masak berbahan kayu ke dalam minyak. Jika muncul gelembung di sekitarnya, maka ini indikator adonan gorengan siap dimasukkan.

4. Jangan terlalu banyak menggoreng dalam sekali waktu

Ini 5 Alasan Mengapa Gorengan Berbahaya DikonsumsiHindari menggoreng terlalu banyak dalam sekali waktu supaya gorengan tak lembek nantinya. Foto: iStock

Tak sedikit orang yang menggoreng sekaligus banyak sehingga adonan gorengan tampak berjejalan dalam wajan. Mungkin niatnya ingin cepat selesai, tapi ini bisa membuat gorengan lembek nantinya.

Memasukkan sekaligus banyak adonan gorengan bisa membuat suhu minyak cepat turun. Membolak-balikkannya juga susah sehingga nanti gorengan bisa tidak merata. Lebih baik menggoreng secara bertahap agar seluruh hasil gorengan renyah sempurna.

5. Tiriskan minyak

Tips gorengan renyah lebih lama yang terakhir adalah segera meniriskan minyak. Jangan biarkan banyak minyak menyelimuti gorengan karena nanti bisa jadi lembek.

Untuk hasil terbaik, kamu bisa membuat gorengan di waktu-waktu jelang makan agar kerenyahannya maksimal. Jika gorengan yang sudah matang terlalu lama didiamkan, bakal kurang garing ketika dimakan.



Simak Video "Mpok Atun 'Si Doel Anak Sekolahan' Buka Warung Makan di BSD"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT