Catat! Harga Mie Instan Naik Imbas PPN 11%, Jadi Berapa Ya?

ADVERTISEMENT

Catat! Harga Mie Instan Naik Imbas PPN 11%, Jadi Berapa Ya?

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 13:30 WIB
Mie Instan Naik Imbas PPN 11%
Foto: detikFood
Jakarta -

Mulai 1 April 2022, pemerintah resmi terapkan tarif PPN sebanyak 11%. Hal ini berimbas ke harga mie instan eceran di pasaran.

Pemerintah sudah resmi memberlakukan tarif baru Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sejak kemarin (01/04). Tarif PPN ini biasa dikenakan jika masyarakat membeli produk atau menggunakan barang serta jasa.

Salah satunya adalah harga mie instan yang juga ikut naik karena kebijakan PPN 11% ini. Dikutip dari CNBC Indonesia, mie instan memang bukan masuk ke dalam kategori sembako, akan tetapi tingkat konsumsi mie instan yang tinggi di Indonesia membuat pemerintah ikut mengenakannya ke dalam harga eceran mie instan.

Namun pemerintah meminta masyarakat agar tidak terlalu khawatir dengan kenaikan harga mie instan ini. Karena asumsi kenaikan harga mie instan berkisar sekitar Rp 25 perak saja per kemasan. Biasanya juga sudah diterapkan langsung di harga mie instan.

Penasaran dengan kisaran harganya, detikFood mencoba untuk melihat harga pasaran mie instan di salah satu gerai minimarket Alfamart, di daerah Mampang, Jakarta Selatan (02/04).

Mie Instan Naik Imbas PPN 11%Mie Instan Naik Imbas PPN 11% Foto: detikFood

Baca Juga: Ekstrem! Wanita Ini Makan Mie Instan pakai Topping Ulat Sagu" selengkapnya

Untuk kisaran harga mie instan yang tersedia dari berbagai jenis merek memang tidak tampak kenaikan harga yang signifikan.

Misalnya produk mie instan Indomie Goreng keluaran Indofood. Sebelum kenaikan harga, salah satu pegawai minimarket di sana mengaku harga eceran Indomie Goreng per bungkus awalnya di angka Rp 2.700. Namun setelah kenaikkan PPN 11%, harganya jadi Rp 2.800.

"Sejak kemarin harga mie instan sudah naik semua, naiknya langsung di harga produknya. Jadi harga yang tertera di rak adalah harga yang sudah termasuk PPN. Kalau untuk kenaikannya, rata-rata sekitar Rp 100 perak saja dari harga awal," jelas petugas kasir, bernama Dede.

Mie Instan Naik Imbas PPN 11%Mie Instan Naik Imbas PPN 11% Foto: detikFood

Begitu juga dengan produk mie instan dari Mi Sedaap, yang harganya ikut naik dari Rp 2.700 ke Rp 2.800 per bungkus.

Untuk jenis mie instan yang harganya menengah, seperti Gekikara Ramen keluaran Nissin, harganya tetap stabil di angka Rp 7.000. Lalu untuk mie instan Gaga 100 yang harganya ikut naik dari Rp 3.300 ke 3.400.

Meski pemerintah asumsikan bahwa kenaikan harga mie instan berkisar di angka Rp 10-25 perak, ketika sudah mencapai jaringan retail pastinya biaya dan jasanya lebih mahal. Alhasil kenaikannya bisa mencapai angka Rp 100 perak dari harga mie instan sebelumnya.

Baca Juga: Buang Mie Instan Saat Sudah Matang, Wanita Ini Dihujani Protes Netizen" selengkapnya



Simak Video "Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Asal RI Ditarik Hong Kong, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT