Basa-basi Tawarkan Bekal ke Teman Kerja, Netizen Ini Kesal Bekalnya Dihabiskan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 18:00 WIB
Membawa bekal makanan ke kantor
Foto: Getty Images/Edwin Tan
Jakarta -

Beberapa orang punya kebiasaan basa-basi menawarkan makanan ke orang-orang di sekitarnya, namun hal ini bisa jadi berujung 'pahit'. Seperti netizen ini yang kesal karena bekalnya berujung dihabiskan!

Membawa bekal makanan ke tempat kerja jadi kebiasaan banyak orang. Selain lebih sehat, hal ini bisa menekan anggaran untuk beli makanan dari luar yang relatif lebih mahal.

Biasanya kebiasaan bawa bekal makanan dijalankan anak kos yang ingin berhemat. Jauh dari orang tua dan rumah, sebisa mungkin mereka mengurangi biaya untuk makan di luar.

Namun kisah apes dialami seorang netizen yang terbiasa bawa bekal makanan ke kantor. Mengutip Twitter @workfess (31/3/2022), ia berujung kesal karena kebiasaan dirinya basa-basi menawarkan makanan.

Curhat netizen bekal makanannya dihabiskan teman kerja karena basa-basi tawarkan makananCurhat netizen bekal makanannya dihabiskan teman kerja karena basa-basi tawarkan makanan Foto: Twitter @workfess

"Jadi aku tuh suka bilang 'makan mba' ke orang-orang kantor kalau lagi jam istirahat dan mau makan kan, ini kan ya manner aja gitu. Aku juga kebiasaan emang nawarin orang kalau makan sendiri," katanya lewat tulisan catatan.

"Nah ada 1 mba-mba tuh beneran ikutan makan sama aku sampai habis. Jadi beneran kayak bekalku tuh dimakan sama kita berdua padahal aku cuma bawa sedikit dan aku kebetulan ngekos juga, makanya bawa bekal biar hemat," sambungnya.

Di akhir catatan, netizen ini minta saran dari para netizen Twitter. "Gimana ya cara menghindari orang kayak gini? Pernah coba buat nggak nawarin tapi malah dibilang 'buset makan sendiri-sendiri aja nih' gitu," katanya. Ia mengaku baru 7 bulan bekerja di kantor tersebut sehingga mencoba basa-basi menawarkan makanan.

Curhatan yang diunggah @workfess ini viral hingga sudah mendapat lebih dari 18 ribu tanda suka. Banyak juga netizen berkomentar dengan pengalaman serupa maupun saran dari mereka.

"Gue pernah ngalamin kayak gini waktu sekolah. Jadi ada teman yg celamitan, minta makanan orang mulu. Gue orangnya jijik-an kalau makan bekas orang. Jd berkali-kali gue bawa bekel dan dia minta, abis itu gue selalu bilang "buat lo aja deh, gue udah" Sampai akhirnya dia sadar dan tanya "lo jijik ya kalau gue minta" Gue terus terang aja bilang kalo iya gue jijik makan bekas orang, padahal gue masih mau habisin bekel gue. Habis dari situ nggak ada lagi yang minta makanan gue kalo nggak gue ijinin," kata seorang netizen.

Membawa bekal makanan ke kantorBanyak netizen berbagi pengalaman dan tips soal bekal makanan yang diminta oleh teman kerja. Foto: Getty Images/Edwin Tan

"Woi lucu banget. Tadi gw makan disamping senior, terus gw tawarin. Dia bilang "mau ayamnya aja boleh dek?" ya gw iyain, mikir dia bakal ngambil dikit buat nyicip gitu kan. Eh ternyata 1 ayam utuh yang diambil. Terus gw kayak cengo sambil lanjut makan nasi sama sayur doang," curhat netizen lainnya. Ia pun sedih dengan pengalaman ini karena waktu itu dirinya sedang lemas akibat sibuk bekerja.

Lalu untuk mengakali kejadian basa-basi menawarkan makanan berujung 'pahit' ini, beberapa netizen punya saran. "Kalau yang suka minta-minta bekal muslim, cetak aja stiker (nasi babi) ini, terus tempelin di tutup lunch box Anda," sahut seorang netizen.

"Ada pakai cara temen ku waktu kuliah, aku suka sih caranya. Kamu nawarin aja "makan mba.." gitu sambil buka kotak bekal mu. Trs bilang lagi "tapi aku gak bagi-bagi loh, soalnya aku lapar juga". Ini hanya dilakukan oleh profesional saja, yang nggak sungkanan nyeplos tapi," saran netizen lainnya.

"Tinggal ganti aja kalimatnya nder. 'Eh mba gak makan? Aku makan duluan ya, udah laper banget soalnya" dll.. Nggak semua orang besar dan dididik dengan kultur yg sama. Kadang yang dipikir basa-basi doang kayak "makan mba" itu dianggap beneran nawarin makan bareng. Jadi ya lihat sitkon," demikian netizen lainnya berujar.



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)