ADVERTISEMENT

Tak Harus Banyak Minyak, Ini 5 Teknik Menggoreng yang Populer

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 10:00 WIB
Teknik menggoreng
Foto: iStock
Jakarta -

Menggoreng tidak hanya memasak makanan dengan banyak minyak goreng. Ada beberapa teknik menggoreng lain yang populer dan makanan jadi enak.

Makanan yang digoreng masih jadi perbincangan seiring dengan melambungnya harga minyak goreng. Bahkan banyak orang rela mengantre panjang demi mendapatkan minyak goreng dengan harga normal.

Memasak dengan cara digoreng sendiri sudah dikenal orang Indonesia sejak abad 2500 SM. Selama ini menggoreng diartikan sebagai memasak dengan banyak minyak. Padahal menggoreng berarti memakai minyak goreng sebagai sumber panas. Jadi tak harus melimpah dan banyak.

Teknik menggoreng itu disesuaikan dengan jumlah minyak goreng yang dipakai dan jenis bahan makanannya. Dilansir dari Idiva (07/10) berikut 6 teknik menggoreng yang populer:

1. Stir frying

Teknik menggorengTeknik menggoreng menumis Foto: iStock

Menumis merupakan teknik menggoreng yang diperkenalkan oleh masyarakat China. Menggoreng dengan teknik menumis ini dikenal juga dengan sebutan 'sauteing' atau 'stir frying'.

Menumis dilakukan dengan menggunakan sedikit minyak goreng, sekitar 3-4 sendok makan untuk memasak sayuran atau daging. Cukup masukkan bahan-bahan masakan sedikit demi sedikit hingga matang merata.

Baca Juga: Meriahkan Imlek, David Beckham Masak Ikan Goreng Mandarin Saus Asam Manis

2. Pan Frying

Teknik menggorengTeknik menggoreng pan frying Foto: iStock

Pan frying disebut-sebut sebagai teknik menggoreng yang paling sehat. Itu karena teknik ini menggunakan sedikit minyak paling tidak untuk melumasi wajan saja.

Jadi, penggunaan minyak itu ditujukan agar bahan masakan tidak lengket di wajan. Menggoreng dengan metode ini cukup membolak-balikkan bahan makanan agar matang merata. Sesuai dengan namanya 'pan frying', cukup memakai wajan datar dan sedikit minyak saja.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT