Dulu Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Polandia Ini Doyan Nasi Pecel

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 30 Mar 2022 08:00 WIB
Dulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi Pecel
Foto: TikTok @globeinthehat
Jakarta -

Bule asal Polandia ini mengaku sempat aneh dengan sarapan nasi ala orang Indonesia. Setelah lama tinggal di Indonesia, kini bule ini doyan makan nasi pecel.

Menu sarapan di setiap negara tentunya berbeda. Kalau di negara Barat, biasanya mengonsumsi roti. Sedangkan di Indonesia, sarapan yang umum dikonsumsi adalah nasi.

Hal ini membuat bule asal Polandia bernama Ania Tomczak tak terbiasa dengan kebiasaan makan orang Indonesia saat tinggal di Malang pada tahun pertamanya. Ania mengungkapkannya lewat video yang ia unggah di TikTok miliknya @globeinthehat (26/3).

Ketika dikonfirmasi Detikfood. Ania Tomczak secara langsung mengaku sudah terbiasa mengonsumsi nasi untuk sarapan.

"Saat pertama kali datang ke Indonesia, aku sangat terkejut melihat orang-orang makan nasi di pagi hari," cerita Ania Tomczak dalam videonya.

Dulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi PecelDulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi Pecel Foto: TikTok @globeinthehat

Baca Juga: 5 Mie Ayam Gerobak di Kaki Lima yang Legendaris dan Terkenal Enak

"Nah, 5 tahun kemudian saya ingin makan nasi pecel," ujar Ania. Ia juga menambahkan, "Nasi untuk sarapan? Bukan masalah lagi buatku saat ini."

Kepada detikFood (29/3), Ania menceritakan kalau dirinya pernah tinggal di Malang selama 2 tahun. Ia magang menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Malang selama 3 semester. Saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Ania kembali ke negara asalnya.

Ania datang lagi ke Indonesia pada Desember 2021 lalu. Saat ini ia sedang mengerjakan sebuah projek. Ania juga aktif membuat konten video tentang budaya Indonesia yang diunggahnya ke YouTube Globeinthehat.

Karena sudah cukup lama di Indonesia dan mengetahui tentang budayanya, kini Ania telah terbiasa menikmati nasi. Bahkan, ia telah bisa menyantap seporsi nasi pecel untuk sarapan.

Dulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi PecelDulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi Pecel Foto: TikTok @globeinthehat

"Di Polandia kan tidak ada nasi untuk sarapan, tidak. Tapi sekarang sudah biasa, sudah biasa," ungkap Ania Tomczak.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Diet dalam Ajaran Islam yang Gampang Dicontek

Dalam videonya, Ania terlihat sangat menikmati seporsi nasi pecel dengan lauk komplet. Satu porsi nasi pecelnya berisikan sayuran yang disiram sambal kacang, rempeyek, telur ceplok, dan lauk lainnya.

Ania juga tampak ramah kepada beberapa warga lokal Malang yang sedang menikmati sarapan nasi pecel. Ia turut mengunggkapkan kalau dirinya telah terbiasa dengan nasi dan warga lokal itu tampak senang mendengarkan pernyataan dari Ania.

Dulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi PecelDulunya Tak Biasa Sarapan Nasi, Kini Bule Ini Doyan Makan Nasi Pecel Foto: TikTok @globeinthehat

Video milik Ania Tomczak ini viral di TikTok. Sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 771 ribu kali dan komentarnya sangat beragam.

"Pecel sarapan wajib bule yang lagi di Indonesia," komentar netizen.

"Di Indonesia belum makan nasi = belum makan," sahut netizen lain.

Baca Juga: 5 Harga Makanan di Papua, dari Nasi Padang hingga Pecel Ayam



Simak Video "Unik! Ada Es dengan Campuran Sambal Pecel di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)