Gurih Smoky! Es Krim Diracik dengan Katsuobushi

Devi Setya - detikFood
Senin, 28 Mar 2022 12:30 WIB
Es Krim Rasa Katsuobushi
Foto: Grapee
Jakarta -

Biasanya katsuobushi jadi taburan takoyaki. Kali ini ada es krim yang dibuat dengan rasa katsuobushi alias serutan halus ikan tuna asap khas Jepang.

Sebuah perusahaan produsen katsuobushi di Jepang membuat gebrakan baru lewat makanan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Katsuobushi Ninben bekerja sama dengan Seika Micotoya, perusahaan penjual sayuran dari petani. Kedua perusahaan tersebut membuat produk es krim dengan rasa antimainstream.

Dilansir dari Grapee (24/3) dua perusahaan ini meluncurkan produk es krim dengan rasa katsuobushi dan dashi. Kedua makanan gurih ini membuat sensasi rasa es krim jadi unik. Apalagi banyak orang mengenal es krim punya rasa manis.

Es Krim Rasa KatsuobushiEs Krim Rasa Katsuobushi Foto: Grapee

Es krim ini kemudian diberi nama Odashi no Omekashi yang artinya adalah 'dashi yang didandani'. Es krim gurih hadir dalam tiga rasa berbeda namun terdiri dari rasa utama dashi dan katsuobushi yang terbuat dari ikan tuna.

Bagi yang belum tahu katsuobushi, makanan ini terbuat dari ikan tuna yang direbus hingga matang lalu diasap hingga kering dan keras. Hasilnya kemudian diserut halus hingga menjadi lembaran kecil dan tipis.


Katsuobushi memiliki rasa gurih sedikit asin. Biasanya dijadikan campuran untuk membuat kaldu dashi atau sebagai topping pada takoyaki.

Untuk es krim gurih spesial ini, ada tiga pilihan rasa yang ditawarkan yakni Tsuyu No Moto yakni es krim beraroma karamel manis dengan paduan kaldu dashi yang gurih. Es krim ini dibuat dengan campuran gula kasar dari Pulau Kikaijima di kepulauan Amami. Gula ini terkenal dengan rasanya yang manis asin.

Kemudian ada Dashi Bonito Ginger. Es krim ini diberi campuran jeruk sudachi asal Jepang yang rasanya manis asam. Selain itu, katsuobushi pada es krim ini juga diberi paduan rasa jahe yang membuat rasanya segar dan pedas.

KatsuobushiKatsuobushi Foto: Getty Images/iStockphoto/Dmitriy Sidor

Ada juga es krim rasa Dashimaki Tamago. Es krim lembut ini dibuat menggunakan telur ayam kampung yang diberi pakan alami. Kemudian diracik menjadi krim lembut yang rasanya manis gurih karena diberi tambahan kaldu dashi.

Es krim ini dijual dalam satu paket dengan tiga pilihan rasa berbeda. Harganya dibanderol mulai dari 1.950 yen atau setara Rp 230 ribu.

Sebelumnya, di Jepang juga pernah ada es krim yang dibuat dengan sensasi rasa gurih. Ada es krim rasa tempura, es krim rasa ramen hingga es krim rasa tiram goreng. Jadi masyarakat Jepang sudah familiar dengan kreasi makanan unik seperti ini.



Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)