4 Cara Menambahkan Wasabi ke Sushi Seperti Orang Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 26 Mar 2022 17:00 WIB
4 Cara Menambahkan Wasabi ke Sushi Seperti Orang Jepang
Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures
Jakarta -

Menikmati sushi dengan wasabi seperti orang Jepang ada caranya. Ditambahkan ke dalam saus celupan hingga disembunyikan di balik lembaran ikan. Begini caranya!

Wasabi jadi pelengkap sushi yang wajib ada di meja-meja restoran sushi. Tak semua orang suka pasta hijau dengan aroma dan rasa menyengat ini, tapi banyak juga yang menggemarinya.

Penambahan wasabi saat makan sushi sebenarnya punya fungsi. Wasabi memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah keracunan makanan akibat makan seafood mentah, yang kerap jadi topping sushi.

Dahulu chef sushi biasanya menambahkan wasabi langsung ke dalam sushi buatan mereka, tapi kini tidak lagi. Rata-rata restoran sushi di Jepang memilih menyediakan wasabi kemasan (sachet). Dengan begini, pengunjung terutama yang datang bersama anak-anak, bisa menyesuaikan tingkat kepedasan mereka.

Lalu bagaimana cara orang Jepang menambahkan wasabi ke sushi mereka? Reporter Sora News 24, Anji Tabata (23/3/2022) mengungkap 4 cara umum yang dilakukan orang Jepang saat makan sushi dengan wasabi. Berikut caranya:

4 Cara Menambahkan Wasabi ke Sushi Seperti Orang JepangWasabi jadi pelengkap wajib saat makan sushi. Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures

1. Wasabi dicampur soy sauce

Soy sauce atau kecap asin adalah saus cocolan yang membuat rasa sushi makin enak. Wasabi bisa ditambahkan ke dalam cocolan ini lalu diaduk rata untuk memberikan sensasi pedas beraroma.

Cara ini merupakan yang paling banyak dilakukan orang Jepang, bahkan ada sebutan khususnya yaitu wasabi joyu yang diambil dari dua kata, "wasabi" dan "shoyu". Tapi sayangnya pencinta sushi autentik tidak menyukai cara ini dan menyebutnya sebagai pelanggaran etiket.

Mereka beranggapan bahwa wasabi dan shoyu dinikmati terpisah, bukan dicampur. Karenanya pastikan meracik wasabi joyu saat kamu sedang makan di resto sushi kasual saja, bukan ketika di restoran sushi formal atau mengusung konsep tradisional.

2. Taruh wasabi di atas topping ikan

Cara lain menambahkan wasabi ke sushi adalah dengan menaruhnya sedikit di atas lembaran ikan yang jadi topping. Cara ini dinilai bisa lebih diterima saat kamu berada dalam jamuan makan sushi yang formal.

Hanya saja cara ini punya kelemahan dimana wasabi mungkin jatuh sebelum sushi mendarat di mulutmu. Kekurangan lainnya, cara ini membuat kamu bakal merasakan hentakan rasa wasabi dahulu saat menyantap sushi. Bukan tidak mungkin kamu akan kewalahan akan pedasnya! Cara ini lebih cocok untuk penggemar sushi yang suka rasa wasabi.

Cara menambahkan wasabi ke sushi seperti orang Jepang.Cara menambahkan wasabi ke sushi seperti orang Jepang. Foto: Sora News 24

3. Sembunyikan wasabi di antara nasi dan ikan

Kalau mau cara yang lebih aman, baik dari sisi diterima secara etiket makan dan tidak mengganggu indera pengecap di awal, kamu bisa coba cara ini. Sembunyikan wasabi di antara nasi dan topping ikan sushi. Cara ini juga merupakan yang umum dilakukan para chef sushi.

Setelah melakukannya, kamu juga bisa mencelupkan sushi ke shoyu. Pastikan mencelup bagian ikannya ya, bukan nasinya. Karena cara inilah yang dinilai tepat oleh para penikmat sushi.

4. Tidak menambahkan wasabi sama sekali

Cara terakhir yang mungkin dipilih orang-orang yang tidak kuat pedas adalah tidak menambahkan wasabi sama sekali. Bagi penikmat wasabi, tentu saja cara ini sangat aneh. Mereka menganggap rasa sushi tidak lengkap tanpa sengatan wasabi. Rasanya seperti makan hot dog tanpa saus mustard.

Nah, bagaimana dengan pilihanmu? Kamu lebih suka menambahkan wasabi ke sushi dengan cara yang mana?



Simak Video "Menyantap Sushi di Warung Kaki Lima, Harganya Rp 10 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)