Kuliner Pasar

Di Dalam Pasar Tradisional Juga Ada Surga Kuliner yang Juara Enaknya

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 22 Mar 2022 16:30 WIB
Kuliner Pasar
Foto: iStock
Jakarta -

Selain untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, pasar juga sering jadi tujuan orang untuk berwisata kuliner. Mulai dari soto, bakmi hingga bakso legendaris.

Pasar tradisional merupakan tempat orang saling bertransaksi. Di pasar menjual segala kebutuhan yang diperlukan sehari-hari, mulai dari pakaian, perabotan, alat masak hingga aneka kuliner.

Biasanya setiap pasar tradisional punya area khusus untuk penjual makanan. Dan area tersebutlah yang selalu jadi incaran setelah lelah berbelanja. Meskipun kebanyakan kaki lima, tetapi rasanya bikin nagih.

Tak sedikit juga, tempat makan di dalam pasar yang terkenal legendaris karena sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Eksistensi dan kualitas rasa membuat banyak orang rela blusukan ke pasar.

Baca Juga: Bintaro Surga Kuliner di Pinggir Jakarta, Ada Kafe Modern hingga Makanan Tradisional

Kuliner PasarKuliner Pasar yang sering jadi primadona pecinta kuliner Foto: iStock

Ada beberapa pasar di Jabodetabek yang dikenal dengan julukan sebagai surganya kuliner. Mulai dari Pasar Mayestik, Pasar Baru, Pasar Lama Tangerang, Pasar Senen dan masih banyak lagi. Termasuk juga pasar-pasar modern yang kini banyak bermunculan.

Salah satu tempat kuliner di pasar yang sering jadi incaran banyak orang adalah Soto Betawi Senen Jaya yang berada di lantai dasar 3 Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Warung soto Betawi itu tersohor dengan cita rasa soto yang gurih dan harum. Begitu juga dengan Pasar Jatinegara yang terkenal ada warung bakmi enak, yakni Bakmi Jackie.

Tak hanya di kawasan Jabodetabek saja, pasar-pasar yang berlokasi di daerah lain pun juga punya tempat-tempat kuliner enak. Seperti Pasar Beringharjo, Pasar Gede Solo hingga Pasar Atom Surabaya.

Baca Juga: 7 Kuliner Hits di Fresh Market Bintaro, Bubur China Halal hingga Es Kopi Kekinian

Kuliner PasarSoto jadi salah satu Kuliner Pasar paling banyak dicari Foto: iStock

Pilihan kulinernya juga beragam, tak hanya makanan berat saja tetapi juga ada jajanan dan camilan tradisional. Karena berada di dalam pasar, tentu saja jam bukanya juga mengikuti jam operasional pasar.

Rata-rata buka mulai dari jam 06.00 hingga jam 14.00. Selain harganya terjangkau, makanan di dalam pasar biasanya disajikan hangat dengan bahan-bahan segar. Bahkan ada beberapa yang memasaknya di dalam pasar.

Nah, di ulasan detikFood kali ini kami akan membahas seputar kuliner di dalam pasar. Kamu juga akan memberikan rekomendasi kuliner pasar apa saja yang patut dicoba lengkap dengan ulasannya.

Kalau akhir pekan ini mau blusukan sambil makan enak di dalam pasar tradisional, pantau terus info dari detikfood!

Baca Juga: Jadi Favorit! Ini 5 Kuliner di Pasar Modern Bintaro yang Layak Dicoba



Simak Video "Soto Betawi Legendaris di Pasar Senen"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)